hero
(NET)

EDITOR : ALBERT WILLIANCOEN

16 April 2019, 20:14 WIB

YOGYAKARTA, INDONESIA

Apapun masalahnya, sepak bola bisa menjadi pemersatu. Demikian halnya dengan kontestasi politik, pasca pencoblosan nanti warga di RT15/RW5 Tegalrejo Yogyakarta ini berharap tidak ada konflik berkepanjangan. Untuk mewujudkan suasana tersebut, maka warga di kampung Tegalrejo menyulap Tempat Pemungutan Suara (TPS)-nya bernuansa kampung bola, lengkap dengan desain jenaka kedua capres-cawapres berbalut kostum sepak bola tim nasional Indonesia. 

Gatot Sadewo, Ketua KPPS TPS 11 Kampung Bola Tegalrejo saat diwawancarai awak NET di Kampung Bola Tegalrejo, Yogyakarta, Selasa (16/4). (NET/Andreas Pamungkas)

"Di RT kami terdiri dari suku ras agama itu, bisa bersatu karena kami mempunyai kesenangan yang sama yaitu bola," ujar Gatot Sadewo, Ketua KPPS TPS 11 Kampung Bola Tegalrejo, Selasa, 16 April 2019.

Gatot menambahkan bahwa makna di balik karakter jenaka ini agar pemilu ini benar-benar menjadi pesta demokrasi yang menggembirakan, bukan sebaliknya menengangkan. Sisa-sisa mural pada Piala Dunia 2018 silam pun ditambahkan untuk memeriahkan kampung bola ini. Warga Tegalrejo tampak antusias dengan tema TPS Kampung Bola ini dan tak sabar menunggu hari pencoblosan.

Gideon Irwanda, warga Kampung Tegalrejo mengaku tak sabar untuk melakukan pencoblosan. (NET/Andreas Pamungkas)

"Excitednya lebih ke gak sabar kali ya soalnya saya sudah mengenal orang- orang sini  dan keguyubannya mereka itu yang bikin saya enggak sabar buat besok," kata Gideon Irwanda, warga Kampung Tegalrejo.

Karikatur Unik Capres-Cawapres di Kampung Bola, Tegalrejo, Yogyakarta. (NET/Andreas Pamungkas)

Tak hanya wajah kampung saja yang bersolek, namun petugas KPPS juga mengenakan baju timnas Indonesia dengan lambang KPPS di lengan kiri. Tak mau ketinggalan, warga juga wajib mengenakan kostum tim kesebelasan andalannya untuk mencoblos nanti. Dan semua aksesoris TPS Kampung Bola ini merupakan hasil kerja keras dan swadaya warga. Tanpa diminta dan dipaksa, warga swadaya bergerak untuk menjaga kerukunan di kampungnya untuk kelancaran pesta demokrasi ini.

ANDREAS PAMUNGKAS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments