hero
(ISTIMEWA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

16 April 2019, 16:50 WIB

SUMATERA UTARA, INDONESIA

Wakil Bupati Padang Lawas Utara (Paluta), Hariro Harahap diamankan petugas Kepolisian Resort Tapanuli Selatan, Sumatera Utara setelah terjaring operasi tangkap tangan (OTT), Senin dini hari lalu. Hariro diamankan oleh polisi beserta 14 orang lainnya karena diduga sedang membagikan money politik. 

Politik uang ini diduga dalam rangka pemenangan  salah seorang calon legislatif di Kabupaten Padang Lawas Utara, yaitu Masdoripa Siregar yang tak lain istri dari Hariro Harahap. Dari OTT tersebut, petugas mengamankan barang bukti berupa 118 amplop yang berisi uang mulai dari Rp. 150 ribu, Rp. 200 ribu, dan Rp. 300 ribu. 

Wakil Bupati Padang Lawas Utara (Paluta), Hariro Harahap saat terjaring OTT. (ISTIMEWA)

Petugas juga mengamankan laptop, printer, stempel berlogo Partai Gerindra, dan berbagai barang yang dijadikan alat bukti, dari sebuah rumah di Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Pasar Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara. 

“Sedang didalami temen-temen Bawaslu Paluta (Padang Lawas Utara). Jika memang nanti itu terbukti adalah pelanggaran pidana pemilu, maka ditangani sesuai dengan perundang-undangan,” kata Ketua Bawaslu Sumatera Utara, Syafrida Rasahan. 

Ketua Bawaslu Sumatera Utara, Syafrida Rasahan. (NET/Yono Syahputra)

Menurut Syafrida, Bawaslu Paluta kini meminta keterangan dari orang-orang yang diduga melakukan money politik tersebut dan para saksi. Hasil penyelidikan inilah yang menjadi dasar untuk menentukan apakah terjadi pelanggaran atau tidak. 

“Jika memang terbukti hasil klarifikasi, hasil kajian temen-temen Bawaslu Paluta, dan hasil pembahasan Gakumdu, maka akan segera dilimpahkan kepada penyidik Polres Tapanuli Selatan untuk ditindak lanjuti dengan tahapan penyidikan. Dan nanti akan dilimpahkan ke kejaksaan dalam tahapan  pada penuntutan,” lanjut Syafrida.  

Kabid Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol. Tatan Dirsan Atmaja. (NET/Yono Syahputra)

BACA JUGA:
Cegah Serangan Politik Uang, Sebuah Kampung di Malang Aktifkan 50 CCTV
Ada Kampung Anti Politik Uang di Tangerang Selatan
Gerakan Desa Ngawas Bareng untuk Cegah Kecurangan Pemilu di Tangerang

Sementara itu, Polda Sumatera Utara juga membenarkan adanya penangkapan ini. “Jadi benar kemarin malam telah diamankan ada 13 orang, salah satunya wakil bupati aktif Paluta,” kata Kabid Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol. Tatan Dirsan Atmaja. “Informasi yang kami dapat uang tersebut akan diserahkan kepada masyarakat. Jadi itulah yang akan diproses oleh pihak Polres Tapanuli Selatan,” lanjut Tatan.

Sebelumnya, pada Senin dini hari kemarin, Tim Satgas Money Politic Polres Tapsel berpatroli untuk mengamankan jalannya penyelenggaraan Pemilu 2019. Saat patroli itulah, tim satgas melihat mobil Toyota Kijang warna kuning dengan nomor polisi BK 1462 yang melintas diberhentikan. 

Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata di dalamnya terdapat sejumlah  amplop. Pengembangan pun dilakukan dan kemudian diketahui jika Wakil Bupati Paluta Hariro Harahap hendak menebar politik uang demi memenangkan istrinya yang merupakan caleg dari Partai Gerindra.

YONO SYAHPUTRA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments