hero
(NET/Panji Apriyanto)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

14 April 2019, 15:05 WIB

KABUPATEN SUKABUMI, INDONESIA

Bagi para penyandang disabilitas, penggunaan kursi roda terkadang membatasi mereka untuk bergerak leluasa terutama saat di luar rumah. Tapi  ternyata sekarang ada sebuah alat yang diciptakan untuk memudahkan para difabel ini untuk beraktivitas.

Alat ini adalah penarik kursi roda. Inovasi kreatif ini diciptakan oleh Iman Suwandi. Iman merupakan warga Kampung Inggris, Sukaraja, Sukabumi, Jawa Barat.

(NET/Panji Apriyanto)

Pria ini menciptakan alat berupa motor listik penarik kursi roda. Awal munculnya ide membuat alat ini karena anaknya Iman bekerja di sekolah luar biasa dan ingin membantu para murid. Iman pun kemudian terpacu untuk menciptakan alat ini.

Untuk bisa membuat alat ini, Iman menggunakan roda ban, rem, dan stang dari sepeda. Dan untuk penggeraknya, Iman menggunakan Baterai dengan kapasitas daya yang tinggi.

(NET/Panji Apriyanto)

"Untuk membuat ini menghabiskan waktu sekitar tiga mingguaan. Tapi kalau untuk kedepan, mungkin bisa jadi lebih cepat sekitar dua mingguan. Karena sudah ada contoh yang bisa kita tiru," ujar Imam saat ditemui oleh Tim Liputan NET pada 5 Desember 2018 lalu.

Biaya yang dihabiskan Iman untuk membuat alat ini mencapai Rp11 juta. Rencananya motor listrik penarik kursi roda ini akan dibuat secara masal. Dan rencanya akan dipasarkan dengan harga Rp20 juta.

(NET/Panji Apriyanto)

Berkat penemuannya ini, berbagai penghargaan pun berhasi ia dapatkan. Mulai dari juara tingkat Jawa Barat, hingga gelar juara nasional di acara Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional ke-20 pada bulan Oktober 2018 lalu di Bali.

PANJI APRIYANTO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments