hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

11 April 2019, 08:45 WIB

INDONESIA

Sebuah cupcake dengan secangkir kopi harum yang kalian nikmati pagi ini, atau sebuah roti lapis penuh gizi untuk makan siang terlihat tidak berbahaya pada awalnya. Meskipun begitu, ada begitu banyak produk yang memiliki efek negatif bagi tubuh. Gula, lemak jenuh, garam berlebih, alkohol, bahkan kafein dapat merusak protein dan membuat tubuh dehidrasi.

Melansir dari Bright Side, berikut 7 makanan yang memberi dampak negatif bagi tubuh dan sebaiknya tidak dikonsumi secara berlebihan.

1. Gula

Gula. 

Gula bertanggung jawab untuk kenaikan berat badan, munculnya kerutan, dan berbahaya bagi tubuh. Mengonsumsi terlalu banyak gula dapat merusak kolagen kulit dan mendorong timbulnya keriput.

2. Lemak trans

Lemak trans alias lemak jahat.

Lemak trans dapat dengan mudah ditemukan pada makanan cepat saji, gorengan, margarin, junk food, dan masih banyak lagi. Tidak hanya meningkatkan risiko penyakit jantung, lemak trans juga dapat memperlambat aliran darah serta menyebabkan penuaan dini dan keriput.

3. Garam

Kebanyakan garam bisa memicu keriput.

Garam berlebih dapat ditemukan dalam begitu banyak makanan seperti keju, pizza paperoni, krakers, cereal, dan makanan lainnya. Terlalu banyak mengonsumsi garam membuat tubuh mengalami dehidrasi dan penyusutan sel. Kurangnya cairan dalam tubuh dapat membuat kulit menjadi keriput.

4. Daging olahan

Daging olahan mengandung banyak garam.

Banyak orang tidak menyadari jika daging olahan seperti sosis, bacon, mengandung banyak garam dan pengawet. Konsumsi daging olahanan yang berlebihan dapat membuat tubuh dehidrasi dan memicu peradangan. Selain itu daging olahan juga menurunkan kadar vitamin C dalam tubuh, yang penting bagi pembentukan kolagen.

5. Kentang goreng

Kentang sebaiknya dipanggang.

Kentang hampir secara instan terurai menjadi gula begitu masuk ke dalam tubuh. Apalagi bila kentang tersebut digoreng dalam minyak pada suhu yang tinggi, yang melepaskan radikan bebas. Bila terkonsumsi, hal ini dapat menyebabkan kerusakan sel pada kulit. Jika ingin mengonsumsi kentang, nikmatilah dengan cara yang paling tidak berbahaya, dipanggang!

6. Kopi dan kafein

Konsumsi kafein juga harus dibatasi.

Kafein memiliki sifat diuretic, membuatmu mengeluarkan banyak cairan dan menyebabkan kurangnya kelembaban tubuh. Hal ini membuat kulit menjadi kering dan rapuh. Salah satu trik menghindari kafein berlebih ialah dengan meminum segelas air untuk setiap gelas kopi yang kalian minum!

7. Makanan pedas

Jangan terlalu sering mengonsumsi makanan pedas.

Makanan pedas dapat menyebabkan kulit terlihat merah, bernoda, dan kurang awet muda. Tidak ada salahnya sesekali memakan makanan pedas, tapi bila dilakukan secara rutin dapat menyebabkan bengkak, spider vein dan kemerahan permanen.

BRIGHTSIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments