hero
Joker. (BATMAN NEWS)

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

8 April 2019, 10:15 WIB

AMERIKA SERIKAT

Meski berstatus sebagai penjahat dan musuh dari Batman, karakter Joker selalu digemari fans superhero. Karakternya yang rumit, sinting, dan penuh misteri membuatnya sangat menarik untuk ditonton.

Di berbagai era perfilman komik superhero, karakter Clown Prince of Crime dari komik DC ini selalu kembali muncul dan dibuat dalam versi yang berbeda, tergantung dari sutradara dan aktornya. Berikut para aktor yang pernah memerankan sang Jester of Genocide.

 

 

 

 

 

1. Cesar Romero.

Cesar Romero. (US MAGAZINE)

Aktor berdarah Kuba-Amerika ini adalah yang pertama kali memerankan karakter Joker melalui tv series 'Batman' di tahun 60-an. Serial televisi tersebut kemudian diadaptasi menjadi film layar lebar berjudul 'Batman: The Movie' garapan sutradara Leslie H. Martinson, pada 1966 dengan Cesar yang masih memerankan kriminal asal Gotham tersebut.

Joker versi Cesar dianggap sebagai adaptasi yang cukup sempurna dari komik era keemasan. Cesar dikatakan mampu memberi kesan nakal kekanakan, namun tetap mengerikan pada karakter Jokernya. Joker versi Cesar bahkan masuk daftar 60 Penjahat Paling Keji sepanjang masa versi TV Guide, pada 2013. Cesar Romero telah berpulang pada Januari 1994 di usia 86 tahun.

2. Jack Nicholson.

Jack Nicholson. (US MAGAZINE)

Jack Nicholson berperan sebagai Joker dalam film 'Batman' (1989) garapan sutradara Tim Burton. Aktor yang kini berusia 81 tahun itu memerankan sang dalang kriminal yang terinspirasi dari komik 'The Killing Joke', di mana kulit Joker memutih setelah terjun ke bahan kimia.

Memiliki seringai jahat yang ikonik, Jack sebagai Joker digambarkan kejam, sadis, sosiopat, namun terobsesi dengan komedi dan sangat lucu, hingga dianggap sebagai karakter yang menyenangkan untuk ditonton. Kemampuan Jack dalam membawa karakter Joker menjadi nyata membuatnya sering menjadi standar perbandingan bagi para Joker di era sekarang.

3. Heath Ledger.

Heath Ledger. (US MAGAZINE)

Heath Ledger mungkin menjadi aktor pemeran Joker yang paling legendaris di abad ke-21. Sebelum proses syuting film 'The Dark Knight' (2008) yang digarap sutradara Christopher Nolan, mendiang Heath mengunci dirinya sendiri di apartemen selama sebulan agar dapat mendalami kesintingan psikologis karakter Joker yang diperankannya.

Joker versi Heath digambarkan anarki dan memiliki moral yang ambigu. Heath Ledger meninggal di usia 28 tahun, pada Januari 2008 akibat overdosis. Heath belum sempat menyaksikan 'The Dark Knight' yang rilis pada Juli 2018 dan menerima piala Academy Awards kategori Aktor Pendukung Terbaik yang dimenangkannya.

4. Jared Leto.

Jared Leto. (US MAGAZINE)

Senada dengan Heath, Jared Leto kabarnya mendalami karakter Joker dengan berbagai cara gila. Seperti mengirimi lawan mainnya bangkai tikus yang dibungkus kado, menaruh kepala babi di meja kerja kru, dan masih banyak lagi. Sayangnya banyak adegan Joker yang dipangkas dan membuatnya hanya tampil sedikit dalam 'Suicide Squad' (2016).

Joker versi Jared ditampilkan bergaya gangster, bekerja dengan para mafia, memiliki banyak tato, dan gigi berlapis logam. Meski mendapat berbagai ulasan negatif dari kritikus film, banyak penggemar yang mengaku menyukai chemistry Jared sebagai Joker dengan lawan mainnya Margot Robbie sebagai Harley Quinn. 'Suicide Squad' pun mendapat banyak keuntungan hingga lebih dari US$700 juta atau sekitar Rp10,6 triliun dari seluruh dunia.

5. Joaquin Phoenix.

Joaquin Phoenix. (US MAGAZINE)

Sejak September 2018, beredar foto dan video yang menampilkan Joaquin Phoenix sebagai Joker dalam film garapan sutradara Todd Phillips. Joker versi Joaquin akan memiliki alter ego bernama Arthur Fleck. Hal ini sebenarnya mengejutkan banyak penyuka film superhero, lantaran aktor berusia 43 tahun itu sempat menolak tawaran Marvel Studios untuk memerankan Doctor Strange, pada 2015. 

Melalui foto dan video proses syuting yang beredar di media sosial, aktor kelahiran Puerto Rico ini terlihat memiliki pembawaan dan tampilan Joker yang mengingatkan dengan versi Heath Ledger.
Riasan wajahnya pun mengingatkan banyak penggemar dengan kisah nyata badut pembunuh berantai era 70-an di Amerika Serikat, John Wayne Gacy. 
Film ini dijadwalkan rilis 4 Oktober 2019. 

US MAGAZINE | DEN OF GEEK

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments