hero
(INDIKA ENERGY)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

8 April 2019, 21:20 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Diversifikasi unit usaha merupakan pilihan yang biasa ditempuh oleh sebuah perusahaan, saat harga komoditas bisnis utamanya cepat berubah. Hal ini pula yang kini sedang ditempuh oleh PT. Indika Energy Tbk. 

Tak ingin bergantung pada batu bara saja, Indika Energy memperluas jangkauan bisnisnya di berbagai sektor pertambangan lain. Hal ini disampaikan oleh Managing Director & Chief Executive Officer (CEO) Indika Energy Azis Armand saat berdiskusi dengan sejumlah media di Jakarta, Senin siang.  

Managing Director & Chief Executive Officer (CEO) Indika Energy Azis Armand. (NET/Febry Arifmawan)

Azis mencontohkan produksi batu bara Indika pada kuartal I tahun ini hampir sama dengan 2018 yaitu sebesar 9 juta ton. Sayangnya, harga batu bara kembali turun di awal tahun ini karena berbagai faktor. Salah satunya pembatasan impor batu bara oleh China untuk mendukung pertambangan domestik mereka. "Kalau bisnis batu bara, banyak faktor yang tidak bisa di kontrol oleh pelaku industri batu bara," papar Armand.

Kecenderungan harga batubara yang terus berubah inilah yang mendorong Indika Energy giat melakukan diversifikasi bisnis. “Kita tidak boleh terkejut dengan hal ini, ada banyak faktor di luar kita,” kata Azis mengomentari volatilitas harga batu bara. 

Salah satu aktifitas usaha pertambangan batu bara milik PT. Indika Energy Tbk. (INDIKA ENERGY)

Azis pun memaparkan sejumlah strategi diversifikasi yang sedang ditempuh oleh Indika Energy. Mulai dari investasi Pembangkit Tenaga Listrik Uap (PLTU) Cirebon, membangun tangki penampung minyak (fuel storage) di Kalimantan Timur, hingga masuk ke pertambangan emas.

Dari berbagai upaya diversifikasi ini, Indika Energy mematok target dapat mengantongi 25% pendapatan dari bisnis non batubara. Upaya-upaya ini selaras dengan visi Indika Energy untuk menjadi integrated energy company. 

TIM LIPUTAN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments