hero

EDITOR : VANNICO SOEKARNO

29 Maret 2019, 01:59 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Revolusi Industri 4.0 membawa perubahan signifikan terhadap perkembangan dunia industri. Kemajuan teknologi, konektivitas dan manufaktur-nya telah mengubah cara dunia usaha dalam kompetisi. Dalam beberapa tahun belakangan, semakin banyak perusahaan start-up baru Indonesia bermunculan. Mereka mengawinkan teknologi dengan kebutuhan konsumen, guna melahirkan produk-produk dan pelayanan baru untuk ditawarkan. 
 
Perubahan iklim ekonomi Indonesia menjadi ekonomi digital, ternyata membawa perusahaan teknologi ternama asal Amerika Serikat (AS) Google, semakin mantap mengembangkan pasar cloud computing di Indonesia. Selain itu, Indonesia merupakan salah satu dari tiga negara baru yang memiliki region cloud, dari 5 negara region yang telah ada sebelumnya. 
 
Head of Google Cloud SouthEast Asia, Tim Synan, mengatakan dengan memanfaatkan cloud computing dapat membuka peluang bisnis yang sangat besar serta pertumbuhan bisnis yang sangat cepat. Tim juga menambahkan, Google melalui Google Cloud Platform juga akan meningkatkan infrastruktur-nya seperti cloud yang akan ada di Indonesia. "Kami memperluas infrastruktur. Kami juga menambahkan tim lokal kami di sini," ujarnya ditemui tim NETZ selepas acara internal Google Cloud Platform dengan pelaku bisnis Indonesia di Kaum Resto, Jakarta, Selasa (26/03/2019).
 
Tim Synan menjelaskan peran penting Google Cloud dalam pertumbuhan bisnis di Indonesia. (NETZ)

Perkembangan bisnis digital yang semakin subur menjadi alasan Google melirik pangsa pasar Indonesia, terlebih lagi beberapa unicorn besar indonesia seperti Go-jek, Traveloka dan Tokopedia juga menggunakan jasanya. "Indonesia sangat penting bagi saya yang bertanggung jawab di Asia Tenggara tetapi juga untuk bisnis Google Cloud global. Kami punya 19 wilayah region dan masih ada dua negara lagi yang sedang diproses, salah satunya Indonesia. Jadi kalian harus bangga akan hal itu. Kami tidak akan melirik negara itu, jika kami tidak melihat permintaan pasar kami kuat disana" kata Tim.

 
Google Cloud memiliki pelanggan dalam jumlah besar di dunia dan memiliki ratusan ribu developer yang terus meningkatkan pelayanan platform cloud-nya. Itulah sebabnya, perluasan bisnis meningkat cepat, khususnya di Indonesia. "Kami bangga dapat bermitra dengan perusahaan yang menggunakan Google Cloud, dan itu alasan mengapa Indonesia sangat penting bagi kami," ucapnya.
 
Tim  juga menjelaskan ada 4 hal yang membedakan Google Cloud Platform dengan cloud yang lain. Pertama, membantu perusahaan dalam hal peningkatan tingkat keamanan yang lebih signifikan. Kedua mengenai big data, seperti pengaturan data pengguna dan sumber sistem menganalisa data. Ketiga, seputar pengembangan aplikasi modern. Terakhir, membantu perusahaan mengubah cara mereka bekerja.
 
Google Cloud Platform dirancang sebagai platform yang ramah bagi developer, sehingga memudahkan orang untuk berinteraksi dengan pelayanannya. Selanjutnya Google Cloud Platform juga akan mengembangkan lagi teknologi Cloud seperti multi cloud atau bahkan hybrid cloud, sesuai kenginan konsumen. 
 
BANDHA PRASETYO

7

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments