hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

28 Maret 2019, 07:50 WIB

INDONESIA

Tahukah kamu tentang Lucid Dreaming? Yaitu kondisi di mana kamu sadar kalau sedang bermimpi, meskipun saat sedang tidur. Atau dalam arti lain, berada di antara tidur dan sadar. 

Nah, ada kabar baik nih ternyata para ilmuwan sudah menemukan cara untuk menggunakan Lucid Dreaming untuk tujuan yang baik. Bahkan, menurut para ilmuwan Lucid Dreaming dapat membantu untuk mengatasi stres, kecemasan berlebih, dan beberapa permasalahan psikologis lainnya lho.

Saat mengalam Lucid Dreaming, kamu berada di antara tertidur dan sadar. (BRIGHTSIDE)

Jadi ada beberapa kemiripan pada aktivitas otak pada penderita Lucid Dreaming dengan penderita psikosis. Atau keadaan mental yang terganggu oleh delusi atau halusinasi.

Pada dasarnya, ketika kamu bermimpi, kamu akan merasakan hal yang sama seperti seseorang yang memiliki gangguan mental. Sedikit terdengar aneh, tetapi pengetahuan ini mengantarkan ilmuwan untuk dapat mengontrol mimpi sebagai pengobatan.

Ketika bermimpi, kamu akan merasakan hal yang sama seperti seseorang yang memiliki gangguan mental. (BRIGHTSIDE)

Secara umum, para ilmuwan mengklaim beberapa hal ini terkait Lucid Dreaming. Yang pertama, yakni seseorang yang mengalami mimpi buruk dapat dilatih untuk menggunakan Lucid Dreaming. Jadi mereka dapat bangun ketika mengalami mimpi buruk

Kedua, kamu dapat membuat mimpimu sesuai dengan yang kamu inginkan. Cukup bayangkan saja kamu sedang mengalami momen yang menyenangkan seolah-olah itu nyata. Tubuh kamu akan terpengaruh oleh Lucid Dreaming, dan mendapatkan emosi yang positif dari mimpi tadi. Hal ini membantu mengobati stres dan kecemasan.

Para ilmuan mengklaim, seseorang yang mengalami mimpi buruk dapat dilatih untuk menggunakan Lucid Dreaming. 

Lebih menarik lagi, seniman juga mendapatkan inspirasi dari mimpi. Ketika mengalami Lucid Dreaming kamu dapat berpindah ke sebuah tempat yang indah atau bahkan menjadi superstar. Kamu adalah bosnya di dalam mimpi itu. Berkhayal sambil tidur juga ternyata membantu kamu untuk merasa lebih senang dan dapat mengurangi kecemasan.

Kamu pasti penasaran bagaimana untuk mengalami Lucid Dreaming kan? Prosesnya disebut inkubasi mimpi. Kamu akan diminta untuk berlatih memikirkan sebuah adegan  sepanjang hari. Sehingga, di malam hari itu adegan itu akan muncul di dalam mimpi kamu.

Ketika mengalami Lucid Dreaming kamulah boss atau sutradaranya. (BRIGHTSIDE)

Selain itu, kamu juga bisa mensugesti pikiranmu. Caranya, sebelum kamu tidur pikirkan bahwa kamu akan sadar ketika sedang bermimpi.

Saat ini sudah ada inovasi teknologi yang bernama ‘Lucid Dreamer Device’ yang dapat membuat kamu mengalami Lucid Dreaming secara instan. Alat tersebut 100% aman dan memberikan stimulasi elektrik ke kepala kita.

Riset membuktikan bahwa mimpi membantu untuk memproses emosi dan ketakutan kamu. Sekali saja kamu membuka pintu ke alam bawah sadar, kamu dapat menemukan kedamaian dengan diri sendiri. Selain itu, juga bisa menyembuhkan trauma psikologis. Dan sebagai hasilnya mengurangi stres dan kecemasan.

Apakah kamu sudah pernah mengalami Lucid Dreaming? Apakah kamu ingin mengontrol mimpi kamu?

 

BRIGHTSIDE| MEDICALNEWSTODAY

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments