hero
(NET/Sigit Pamungkas)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

28 Maret 2019, 16:00 WIB

YOGYAKARTA, INDONESIA

Calon wakil presiden nomor urut 02, KH Ma’ruf Amin terus bergerak memperkuat basis dukungannya di pondok pesantren (ponpes). Setelah mengunjungi ponpes di Purworejo dan Wonosobo, Ma’ruf hari ini bersafari ke Dusun Mlangi Desa Nogotirto, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman. 

Mlangi merupakan pusat pondok pesantren yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Disini, Ma’ruf menghadiri deklarasi dukungan dari kiai dan santri di Pondok Pesantren Nur Iman, Mlangi, Sleman. Di lokasi terlihat Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas, Rais Syuriah PBNU KH Said Asrori, dan para ulama pondok pesantren Mlangi Yogyakarta.

Para kiai dan santri mendeklarasikan dukungan pada Jokowi-Amin di Yogyakarta. (NET/Sigit Pamungkas)

Ma’ruf sampai ke Mlangi pada pukul 10.25 WIB didampingi istrinya Hj. Wury Estu Handayani.  Kedatangannya disambut oleh ribuan kiai dan santri yang sejak pagi menunggu. Pada deklarasi ini, kiai dan santri se-DIY menyatakan dukungannya untuk memenangkan pasangan Jokowi-Amin dalam Pilpres 2019.

"Kami gerakan para kiai dan para santri se-Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan mendukung dan memenangkan pasangan 01, capres Joko Widodo dan cawapres KH Ma'ruf Amin untuk menjadi presiden dan wakil presiden periode 2019-2024," ujar pimpinan Pondok Pesantren Nurul Iman, Yasin Nawawi, di Mlangi, Sleman, Yogyakarta.

KH. Ma'ruf Amin saat berorasi di Pondok Pesantren Mlangi, Yogyakarta. (NET/Sigit Pamungkas)

Dalam pidatonya, Ma’ruf mengajak para kiai dan santri untuk menjaga keutuhan NKRI. Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 harus ditempatkan sebagai dasar pemersatu bangsa, baik muslim atau non muslim, untuk tetap menjaga perdamaian dan toleransi. Penguatan ideologi Pancasila dan keutuhan NKRI sangat penting karena sekarang ada pihak tertentu yang ingin menggantikan dasar negara.  

“Kita menamakan Indonesia adalah negara kesepakatan, kalau antara kamu dan mereka non muslim sepakat untuk hidup secara damai maka semuanya  harus terlindungi, harus tidak ada yang dizolimi,” pesan Ma’ruf. Selain bersafari ke Sleman, Ma’ruf akan mengunjungi beberapa titik lain di Kota Yogyakarta dan Bantul.

Warga Yogyakarta menyimak pidato KH. Ma'ruf Amin di Pondok Pesantren Mlangi, Yogyakarta. (NET/Sigit Pamungkas)

BACA JUGA:
KH. Ma’ruf Amin: Lawan Hoaks, Fitnah, dan Golput​
Jokowi: Rabu 17 April Pilih Baju Putih karena Putih adalah Kita
Jokowi Janji Bangun Tol dan Rel Kereta di Kalimantan Selatan

Sementara itu, Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Yaqut Cholil Qoumas menyerukan gerakan Rabu Putih. Yaqut meminta santri dan warga Mlangi datang ke TPS tanggal 17 April mengenakanm baju putih. "Saya minta kepada bapak Ibu dan saudara sekalian, beramai-ramai datang ke TPS, diajak semua yang mempunyai hak pilih. Kita datang pakai baju putih, kita coblos yang berbaju putih di TPS nanti," pungkas Yaqut.

SIGIT PAMUNGKAS 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments