hero

EDITOR : VANNICO SOEKARNO

26 Maret 2019, 23:02 WIB

EROPA

Jeda internasional kerap dijuluki “virus FIFA” karena dianggap sebagai momok menakutkan bagi klub-klub besar Eropa. Juventus jadi klub teranyar merasakan dampaknya setelah Cristiano Ronaldo mengalami cedera saat membela Portugal kontra Serbia di Kualifikasi Piala Eropa 2020 pada Selasa dini hari (26/03).

Dalam pertandingan di Estadio Da Luz, Lisbon, mantan pemain Real Madrid ini harus ditarik keluar pada menit ke-31 karena cedera hamstring. Cedera pemain 34 tahun ini tentu membuat was-was Bianconeri karena dua pekan berselang akan menghadapi Ajax Amsterdam di perempat final Champions League di Johan Cruyff Arena.

CR7 pun coba menenangkan para fansnya. Ia yakin cederanya segera pulih sehingga bisa tampil lawan Ajax.

“Saya tak khawatir dengan cedera ini. Saya tahu tubuh saya. Saya yakin cedera ini tak lebih dari dua pekan. Saya akan baik-baik saja,” kata Ronaldo.

Meski diyakini bisa tampil lawan Ajax, namun Ronaldo diprediksi akan absen dalam tiga laga Serie A menghadapi Empoli, Cagliari dan AC Milan.

Sebelumnya, bintang Argentina Lionel Messi terjangkir “virus FIFA”. Ia mengalami cedera paha saat perkuat negaranya di laga uji coba kontra Venezuela. Beruntung cedera Messi tidak terlalu parah. Namun pihak Barcelona langsung mengumumkan bahwa La Pulga tidak bisa tampil membela Argentina melawan Maroko. Pernyataan ini sebagai tindakan pencegahan Argentina kembali memainkan Messi di laga internasional yang bisa membuat cederanya semakin parah. Jika ini terjadi, tentu Barca yang akan dipusingkan mengingat La Blaugrana akan menghadapi laga-laga krusial di La Liga dan Champions League.

Usai mendapat perawatan, Messi diprediksi bisa tampil memperkuat Barca dalam lanjutan La liga kontra Espanyol akhir pekan ini dan bisa diturunkan saat duel kontrak Manchester United di Champions League.

Sedangkan Manchester United juga dipusingkan dengan masalah serupa. Bek Setan Merah, Eric Bailly harus dirawat intensif usai benturan kepala di laga Pantai Gading kontra Rwanda. Pada laga yang sama, pemain Tottenham Hotspur Serge Aurier juga mendapat cedera dan harus keluar lapangan lebih cepat.

Sementara, Manchester City juga jadi klub yang paling khawatir di jeda internasional kali ini setelah 15 pemainnya mendapat tugas bela negara masing-masing. Kekhawatiran The Citizen terbukti, 3 dari 15 pemainnya dipulangkan lebih cepat setelah John Stones, Fabian Delph dan Nicolas Otamendi mengalami cedera saat latihan bersama timnas.

Cederanya 3 pemain Manchester City ini jelas jadi kerugian besar bagi tim asuhan Pep Guardiola. Pasalnya mereka masih berkompetisi di 3 di ajang Premier League, FA Cup dan Champions League. Apalagi Manchester Biru mengusung misi “quadruple” musim ini.

Kekhawatiran pihak klub atas kondisi pemainnya di jeda internasional tak membuat FIFA lepas tangan. Sebagai induk olah raga sepak bola dunia, federasi yang bermarkas di Swiss ini telah membuat aturan perlindungan dengan membayar gaji tiap pemain yang mengalami cedera akibat tugas negara. Tapi dengan catatan, cedera pemain tersebut membuatnya tak bisa tampil untuk klub setidaknya selama 28 hari secara beruntun.

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments