hero

EDITOR : VANNICO SOEKARNO

26 Maret 2019, 21:01 WIB

SWISS

Asosiasi Sepak Bola Montenegro telah berjanji untuk melarang para suporter yang terlibat dalam nyanyian rasis saat melawan Inggris agar tidak pernah menghadiri pertandingan tim nasional lainnya.

UEFA telah membuka proses disipliner terhadap Montenegro, termasuk tuduhan perilaku rasis, menyusul kemenangan The Three Lions 5-1 pada kualifikasi Euro 2020.

Sejumlah pemain Inggris termasuk Raheem Sterling, Danny Rose dan Callum hudson-Odoi jadi sasaran pelecehan rasis dengan suara monyet yang terdengar selama pertandingan di Podgorica. Hudson-Odoi juga memiliki korek api yang dilemparkan kepadanya.

Aksi Raheem Sterling usai Mendapat Perlakuan Rasis dari Suporter Montenegro. (@England)

Montenegro telah mengonfirmasi bahwa akan mengambil tindakan tegas jika UEFA mendapati mereka bersalah atas tuduhuan tersebut. Sementara kasus ini akan disidangkan pada 16 Mei mendatang.

Dalam sebuah pernyataan, mereka mengatakan: “Jika proses membuktikan bahwa ada perilaku rasis di stadion, Asosiasi Sepak Bola Montenegro (FSCG) akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mengidentifikasi individu yang tidak bertanggung jawab yang mungkin telah menyebabkan insiden tersebut dan akan melarang mereka dari semua pertandingan mendatang yang diselenggarakan oleh FSCG.

FSCG juga mengklaim bahwa suara monyet  yang diarahkan ke pemain Inggris adalah insiden rasisme pertama yang mereka alami selama pertandingan internasional.

“Kami belum pernah mengalami insiden yang melibatkan diskriminasi agama, gender atau ras pada pertandingan internasional sebelumnya dan kami yakin itu tidak akan terjadi di masa depan,” lanjut pernyataan itu.

“Tidak ada ruang untuk perilaku seperti itu dalam masyarakat multi-budaya dan multi-etnis seperti Montenegro.”

UEFA juga menyatakan Montenegro akan menghadapi dakwaan terkait ganggguan kerumunan, melempar benda, kembang api dan memblokir tangga di stadion Gradski.

Hukuman minimum yang akan mereka terima jika terbukti bersalah atas perilaku rasis adalah penutupan sebagian stadion hingga denda.

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments