hero
(ANTARA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

25 Maret 2019, 12:20 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, mengumumkan tarif penggunaan ojek online. Pengenaan tarif per kilometer tersebut berbeda-beda, disesuaikan dengan zona, dimana akan terdapat tiga zona. 

Hal ini disampaikan oleh Budi di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin siang. Zona pertama meliputi wilayah Sumatera, Jawa, dan Bali, tapi tidak termasuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Pada zona ini dikenakan biaya tarif bawah sebesar Rp. 1.850, dengan batas atas yaitu Rp. 2.300.

Untuk zona dua meliputi Jabodetabek dengan tarif batas bawah Rp. 2.000 dan tarif batas atas Rp. 2.500. Sementara zona tiga meliputi wilayah Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Kepulauan Maluku, dan Papua dengan tarif batas bawah yaitu Rp. 2.600 dan tarif batas atas yaitu Rp. 2.900.

Ratusan pengemudi ojek daring saat berunjuk rasa di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (19/3/2019). Mereka menyerukan sejumlah tuntutan diantaranya yaitu kenaikkan tarif dan perbaikan skema insentif serta penghentian perekrutan pengemudi baru. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

"Angka-angka ini sudah memperhitungkan UMR di masing-masing daerah jadi tidak perlu lagi nanti para gubernur mengeluarkan surat putusan gubernur atau perda terkait tarif," kata Budi.

Perbedaan tarif di Jabodetabek diakibatkan karena transportasi online sudah menjafi kebutuhan primer bagi masyarakat yang ingin berpindah ke feeder transportasi lain, seperti bus dan kereta. Selain tarif per kilometer tersebut, juga ada tarif flag off atau biaya jasa minimal yaitu empat kilometer pertama maka dikenakan biaya anatara Rp. 7.000 hingga Rp. 10.000 untuk di zona satu dan tiga. Sementara di zona dua yaitu Rp. 8.000 hingga Rp. 10.000. 

Meski sudah ditandatangani per tanggal 25 Maret ini, namun tarif tersebut baru berlaku per 1 Mei 2019.

ENDA TARIGAN | LUQMANUL HAKIM

10

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments