Mengunjungi Korea Selatan tidak lengkap rasanya jika tidak singgah ke beberapa istana kerajaan yang merupakan warisan sejarah yang hingga kini masih berdiri kokoh. Arsitektur yang khas serta bangunan yang megah membuat banyak wisatawan datang mengunjungi. Salah satunya adalah Istana Changdeokgung di Seoul, Korea Selatan.

Suasana sesaat setelah memasuki gerbang utama Istana Changdeokgung di Seoul, Korea Selatan. (NETZ/Albert Williancoen)

Gung adalah Istana dalam bahasa Korea. Jadi Changdeokgung bisa disebut sebagai Istana Changdeok. Istana ini merupakan istana kedua di Seoul, setelah Gyeongbokgung, yang dibangun pada tahun 1405 untuk Dinasti Joseon. Istana yang tercatat sebagai UNESCO World Heritage Site pada tahun 1997 ini juga dinyatakan sebagai contoh luar biasa dalam kategori arsitektur istana dan kebun di kawasan Timur Jauh. Memang istana Changdeokgung tidak seluas istana Gyeongbokgung, namun istana Changdeokgung termasuk istana yang paling terawat dan masih terjaga dengan baik fitu-fitur asli yang dibangun pada jamannya dibandingkan istana-istana lain yang ada di Seoul, Korea Selatan. 

Bangunan Injeongjeon, bangunan utama yang merupakan ruang tahta Istana Changdeokgung yang digunakan untuk urusan resmi kerajaan termasuk penobatan raja baru dan menerima utusan asing. (NETZ/Albert Williancoen)

Istana yang berlokasi di Jongno-gu ini menjadi lokasi penyambutan Presiden Joko Widodo dan rombongan dalam kunjungan kerjanya ke Korea Selatan pada September 2018 lalu. Bahkan melalui akun Instagramnya, Presiden Joko Widodo mengunggah fotonya bersama istrinya Iriana dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan istri. Di caption, Presiden Joko Widodo menceritakan sekilas mengenai penyambutannya di istana Changdeokgung tersebut.

Sebagai istana resmi kedua dari Dinasti Joseon, -setelah istana Gyeongbokgung-, istana Changdeokgung yang memiliki luas sekitar 45 hektar ini adalah rumah kediaman kerajaan yang dimana Changdeokgung juga berarti istana kemakmuran. Berada di tengah kota, istana ini sangat mudah diakses oleh para wisatawan yang ingin melihatnya, dan juga berdekatan dengan lokasi wisata lain seperti Bukcon Village, Insadong, dan Istana Uhyeongung. Istana Changdeokgung dibuka setiap hari kecuali hari Senin, dengan harga tiket masuk 3000 won atau sekitar 39 ribu per orang. Sedangkan untuk istana dan Secret Garden, biayanya 8000 won atau sekitar 105 ribu per orang. Dan tur Secret Garden ini, pengunjung harus ditemani pemandu dengan batas waktu sekali kunjungan adalah 90 menit.

Dan foto-foto Istana Changdeokgung kami bingkai dalam galeri diatas.

NETZ | ALBERT WILLIANCOEN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments