hero
(NET/Awaluddin Jalil)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

22 Maret 2019, 19:05 WIB

KALIMANTAN TIMUR, INDONESIA

Calon wakil presiden nomor urut 01 KH. Ma'ruf Amin menyambangi Pondok Pesantren Nabil Husein di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Jumat pagi. Begitu tiba, Ma’ruf langsung disambut oleh masyarakat adat Dayak. Pakaian dan atribut khas Dayak pun disematkan kepada Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini. 

Pada kesempatan tersebut juga Ma’ruf menerima penyematan gelar adat Dayak yakni Pui Pamboq Bioq Puyan. Gelar ini memiliki arti tokoh bangsa yang bijak dalam mempersatukan bangsa. Penyerahan atribut Dayak dan penyematan gelar dilakukan langsung oleh tokoh adat Dayak Kalimantan Timur. Bagi warga Dayak, tokoh bangsa yang berkunjung ke Kaltim dianggap sebagai keluarga.

KH. Ma'ruf Amin menerima penyematan pakaian adat Dayak di Kalimantan Timur. (NET/Awaludin Jalil)

“Beliau adalah istilahnya pemimpin yang harus kita teladani dan juga kehadiran beliau di Provinsi Kaltim ini baru kali yang pertama. Kebiasaan dari budaya Dayak setiap kali pemimpin datang, kita angkat sebagai keluarga,” kata tokoh adat Dayak, Edy Gunawan Areq Lung.

Selain tokoh adat lokal, hadir pula para kiai dan ulama di Kaltim beserta santri-santrinya. Ma'ruf berpesan agar pilpres benar-benar dijadikan ajang mencari pemimpin untuk membawa Indonesia pada kemakmuran bukan perang.“Pilpres bukan perang tapi mencari pemimpin yg terbaik. Cari pemimpin yang bisa jaga agama, bisa menjaga negara, bisa membawa kemakmuran, bisa mengawal kerukunan, bukan perang," ujar Ma’ruf.

KH. Ma'ruf Amin bertemu dengan ulama dan para santri di Kalimantan Timur. (NET/Awaludin Jalil)

Di akhir acara, Rais Am PBNU ini menyematkan sorban kepada kiai, ulama, dan santri yang memberikan dukungan. Dukungan ini diharapkan oleh tim paslon Jokowi-Ma’ruf bisa mendongkrak perolehan suara mereka di Kalimantan Timur.

AWALUDDIN JALIL

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments