hero
(ANTARA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

22 Maret 2019, 17:35 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Dua hari menjelang peresmian, Dirut MRT Jakarta, William Sabandar memantapkan kesiapan pengoperasian Moda Raya Transportasi (MRT) Ratangga di ibukota. Pada Minggu pagi, MRT akan diresmikan. Kemudian per hari Senin, MRT langsung melayani masyarakat. 

Selama sepekan masyarakat dapat menikmati moda transportasi ini tanpa perlu membayar alias gratis. “25 Maret setelah diresmikan oleh Presiden, kita akan punya satu minggu dimana kita akan melakukan pengoperasian secara gratis dan pada 1 April kita akan mengoperasikan secara komersial,” kata William.

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko WIdodo (kiri) berbincang dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kanan) ketika mencoba MRT dengan rute stasiun Bundaran HI-Lebak Bulus-Istora di Jakarta, Kamis (21/3/2019). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Pada tanggal 25 Maret, MRT akan dioperasikan mulai dari 05.30 sampai 22.30 WIB. Terdapat delapan rangkaian kereta MRT dengan jarak head away 10 menit. Di bulan berikutnya sejalan dengan perkembangan pertumbuhan penumpang dan kesiapan dukungan layanan, jumlah kereta bisa ditambah menjadi 16.

Mulai awal April barulah pengenaan tarif akan mulai diberlakukan. Besaran tarif MRT hingga kini masih dalam proses perumusan. William menambahkan dioperasikannya MRT ini ke depan akan melahirkan banyak budaya baru di masyarakat Jakarta. 

Salah satunya adalah kemauan untuk berjalan kaki. Proses penataan area untuk pengguna ojek online juga menjadi pekerjaan rumah besar bagi PT MRT. Seperti diketahui, di stasiun-stasiun KRL biasanya akan muncul lautan ojek online di area depan stasiun pada jam-jam sibuk. 

YUSUF REZA

 

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments