hero
(ANTARA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

22 Maret 2019, 14:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy alias Romy menjalani pemeriksaan perdana di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta, Jumat pagi. Romy dihadapkan sebagai tersangka kasus dugaan jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama. Ia datang pukul 10.00 WIB dan mengaku sehat serta akan kooperatif pada penyidik. Saat keluar dari mobil tahanan, terlihat tangan Romy diborgol, namun ditutupinya dengan buku sejarah nabi.

Kepada awak media, Romy menyangkal adanya jual-beli jabatan di Kementerian Agama “Itu sama sekali tidak bisa dibenarkan karena apa yang saya lakukan adalah meneruskan aspirasi sebagai anggota DPR, sebagai Ketua Umum partai pada saat itu. Banyak sekali pihak-pihak yang menganggap saya sebagai orang yang bisa menyampaikan aspirasi tersebut kepada pihak-pihak yang memiliki kewenangan, bukan hanya di Kementerian Agama,” papar Romy. 

Romahurmuziy saat akan menjalani pemeriksaan perdana di KPK, Jakarta. (ANTARA)

Oleh karena itu, Romy merasa dijebak. Posisinya sebagai juru bicara terdepan dalam sebuah koalisi yang membuatnya menjadi “most wanted”. Pada pemeriksaan kali ini, Romy akan dibacakan haknya sebagai tersangka. Antara lain dapat mengajukan diri sebagai justice collaborator dengan syarat bukan pelaku utama, mengakui perbuatan, dan membuka peran serta pihak lain.

Seperti diketahui sebelumnya, sejak 21 Maret lalu, KPK telah memeriksa saksi dan tersangka terkait kasus di Kementrian Agama ini. 12 saksi telah diperiksa di Mapolda Jawa Timur, serta 2 tersangka lainnya yakni Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jatim Haris Hasanudin. Pada kasus ini, Romy akan dijerat dengan Undang-undang Tindak Pidana Korupsi.

ANJANA DEMIRA | ARISTYO RUSMANA

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments