hero
(HUFFINGTONPOST) (PINTEREST)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

18 Maret 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dari zaman ke zaman terus menambah rangkaian metode untuk meningkatkan kesehatan. Enggak jarang, cara dan metode yang ditemukan memang terdengar janggal atau aneh bagi kaum awam yang mendengarnya. Dilansir dari Brightside, berikut adalah beberapa metode yang bisa meningkatkan kesehatan yang mungkin belum pernah kamu bayangkan sebelumnya.

1Tidur singkat setelah minum kopi

Tidur singkat setelah minum kopi. (BRIGHTSIDE)

Penelitian telah membuktikan kalau tidur sejenak setelah menyeruput kopi itu bagus buat tubuh. Dari eksperimen yang dilakukan, orang yang tidur selama 15-20 menit sesaat setelah minum kopi menjadi lebih segar dan jarang membuat kesalahan.

Jangan ragu kalau kamu merasa sulit tidur setelah minum kopi. Coba lah untuk rileks dan pejamkan mata karena kamu pun enggak perlu sampai masuk fase tidur yang mendalam.

2Diet rendah kalori bikin nafsu makan bertambah

Diet rendah kalori bikin nafsu makan bertambah. (BRIGHTSIDE)

Ternyata diet yang terlalu fokus pada perhitungan kalori justru cenderung kontraproduktif dengan penurunan berat badan. Snack rendah kalori yang kamu santap setiap merasa lapar hanya akan bertahan sebentar. Dan membuatmu merasa lebih lapar sehingga butuh mengonsumsi kalori lebih banyak.

3Enggak perlu sabun antibakteri

Enggak perlu sabun antibakteri. (BRIGHTSIDE)

Rupanya enggak ada bukti ilmiah bahwa sabun antibakteri lebih efektif ketimbang sabun biasa. Penelitian menunjukkan, produk antibakteri justru mengandung triklosan yang dapat menyebabkan penurunan bakteri pelidung alami tubuh. Serta berdampak negatif pada perkembangan janin.

 

4Upayakan lebih sering berdiri

Upayakan lebih sering berdiri. (BRIGHTSIDE)

Penelitian sejumlah ilmuwan di Inggris membuktikan bahwa orang yang cenderung menghabiskan hari duduk seharian,  memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi. Saat tubuh jarang bergerak, darah akan lebih lambat dalam mengalirkan nutrisi dan oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Usahakanlah untuk menyelingi waktu kerja dengan berdiri beberapa saat. Berjalan kaki setelah jam makan siang, atau memilih berdiri saat menumpangi bus ketimbang duduk. 

 

5Menulis dengan tangan tingkatkan kemampuan otak

Menulis dengan tangan tingkatkan kemampuan otak. (BRIGHTSIDE)

Zaman sekarang, mencatat dengan tangan di buku secara tertulis memang dianggap kuno dan tidak efisien. Meski begitu, ternyata manfaat mencatat sangat baik untuk koordinasi psikomotorik, fokus, dan daya ingat manusia lho.

Hal ini karena bagian otak yang bertugas saat membaca juga ikut aktif saat kamu menulis dengan tangan. Dan ini tidak terjadi saat kamu mengetik di laptop atau smartphone-mu. 

 

6Jangan sikat gigi setelah makan

Jangan sikat gigi setelah makan. (BRIGHTSIDE)

Langsung menyikat gigi sesaat setelah makan ternyata merupakan kebiasaan yang salah karena justru berpotensi semakin merusak gigi. Ini karena kandungan makanan, khususnya yang asam, malah akan semakin terpenetrasi ke lapisan yang lebih dalam pada gigi.

Karena enamel menjadi lebih sensitif saat terkena bahan makanan ini. Yang baik adalah kumur saja mulut dengan air tawar sesaat setelah makan. 

 

7Jangan pasang alarm

Jangan pasang alarm. (BRIGHTSIDE)

Alarm yang berbunyi di tengah fase tidur bisa merusak kualitas tidur dan membuat tubuhmu stres lho. Kebiasaan terbangun karena terganggu suara bising lama-kelamaan bisa berdampak pada kesehatan. Seperti penyakit kardiovaskular, kelainan saraf, hingga penurunan intelektualitas.

Lebih baik, biasakan dirimu tidur dan bangun pada jam yang sama. Agar tubuh bisa otomatis terbangun tepat waktu tanpa suara alarm sekali pun. 

 

8Jangan mudah 'baper'

Jangan mudah 'baper'. (BRIGHTSIDE)

Penelitian secara ilmiah sudah membuktikan bahwa orang yang tenang dan tidak terpengaruh opini sosial cenderung hidup dengan lebih panjang umur. Sebagai manusia, dukungan positif memang sangat dibutuhkan. Karenanya, kelilingilah dirimu dengan orang-orang yang bisa menginspirasi dan mendukungmu dalam menjalani hidup sehari-hari.

9Memakan Kulit Apel

Memakan Kulit Apel. (BRIGHTSIDE)

Enggak ada ruginya banyak  memakan sayuran hijau dan buah-buahan. Apalagi kulit apel, karena mengandung quercetin. Zat yang memiliki sifat antispasmodik, anti inflamasi, dan manfaat lainnya. Zat-zat tersebut dapat melindung sel-sel otak dari kerusakan. 

 

BRIGHTSIDE| HUFFINGTON POST

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments