hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

18 Maret 2019, 12:05 WIB

KOREA SELATAN

Emang bukan rahasia lagi kalau saat ini Korea Selatan menjadi salah satu negara yang sedang berkembang dengan pesat. Enggak cuma soal industri hiburannya saja, masyarakat Korea Selatan juga disebut menjalani hidup yang sehat dan bahagia.

Lalu seperti apa sih pola hidup dan kebiasaan masyarakat dari negara yang akrab disebut Negeri Gingseng ini? Simak informasinya yang telah NET.Z rangkum dari laman The Huffington Post berikut ini:

1. Suka Mengonsumsi Kimchi

Ngomongin soal Korea Selatan, enggak lengkap rasanya jika enggak bicara soal Kimchi. Yup, hidangan pendamping wajib dalam kuliner Korea Selatan bisa disamakan dengan sambal untuk masyarakat Indonesia.

Meski hanya sebagai pendamping, ternyata kimchi memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan loh. Kimchi sendiri diketahui merupakan jenis makanan yang rendah kalori dan lemak. Selain itu, di dalam makanan ini terkandung Vitamin A, C, dan bakteri baik yang disebut lactobacillus.

Mengonsumsi kimchi secara rutin bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan, membuat kulit dan rambut lebih cerah, bahkan bisa mencegah kanker loh.

2. Bisa Mengatasi Ketergantungan Terhadap Internet

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

This fantastic, fascinating, complex, beautiful city we call home. #GetYourGrooveOn

A post shared by Groove Korea (@groovekorea) on

Korea Selatan saat ini menjadi negara yang terkenal dengan koneksi internet sangat maju di Asia. Bahkan hampir seluruh penduduknya memiliki akses terhadap internet dan memiliki smartphone.

Meski banyak masyarakatnya yang sempat mengalami ketergantungan terhadap internet selama satu dekade. Namun Pemerintah Korsel bisa membuat kebijakan-kebijakan untuk mencegah warganya terus mengakses internet. Salah satu kebijakan yang paling terkenal adalah Shutdown Law.

Shutdown Law sendiri adalah kebijakan yang melarang anak-anak di bawah usia 16 tahun di Korea Selatan untuk bermain video game online mulai pukul 12 malam sampai pukul 6 pagi. Walau terkesan simpel, cara ini terbukti efektif untuk mengurangi ketergantungan.

3. Menjadikan Hiburan sebagai Prioritas

Kamu pastinya sudah tahu kalau industri hiburan adalah salah satu bidang yang berkembang pesat di Korsel. Hal ini bisa terbilang wajar karena sebagian masyarakatnya selalu memprioritaskan hiburan dalam kegitan sehari-hari.

Walau terkesan simpel, nyatanya mendengarkan musik dan menonton film atau drama bisa menjadi salah faktor untuk meningkatkan suasana hati dan merasa lebih bahagia.

4. Jenis Olahraganya Berfokus pada Tubuh dan Pikiran

Salah satu olahraga tradsional Korea Selatan yang paling terkenal adalah Taekwondo. Jenis olahraga yang satu ini enggak cuma mengandalkan aktivitas fisik tapi juga melatih pikiran agar bisa fokus dan tenang.

5. Sering Berkemah

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

#daegu #southkorea

A post shared by Maria Kyunga Park (@kyunga.park) on

Berkemah atau camping menjadi salah satu tren yang banyak disukai oleh masyarakat Korea Selatan untuk menyegarkan pikiran dari hiruk pikuk perkotaan. Enggak perlu jauh-jauh ke pantai atau gunung, masyarakat Korsel lebih sering melakukan camping di sejumlah taman kota.

Enggak heran karena tren ini, banyak masyarakat yang kondisi kesehatan mental dan fisiknya menjadi lebih baik. Sebab berkemah memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas tidur hingg suasana hati.

 THE HUFFINGTON POST

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments