hero
(NET.CJ/Vivi Sanusi)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

17 Maret 2019, 17:05 WIB

DEPOK, INDONESIA

Memiliki rumah idaman tentunya jadi dambaan semua orang. Biasanya hiasan atau desain rumah dibuat sesuai selera pemiliknya. Hal itu juga yang melatarbelakangi Uci Sanusi untuk rumah yang berbeda dan unik. Berlokasi di Jalan Semar 2 Depok, Jawa Barat, uci memilih menghias dinding-dinding rumahnya dengan kulit telur. 

Uci Sanusi. (Vivi Sanusi)

"Dicuci dulu, kulit arinya dibuang. Lalu dicuci lagi kemudian dijemur sampai kering. Kalau sudah kering dan kayak keramik baru ditempel satu-satu," ujar Uci. 

Selain dinding, kulit telur juga ditempel pada bagian kusen jendela, pintu, tangga, dan tempat untuk mencuci piring. Uci sendiri mengaku iseng membuat rumah dengan ornamen kulit telur ini. 

(Vivi Sanusi)

Semenjak pensiun dari perusahaan BUMN pada tahun 2002, beliau melihat kusen rumahnya yang banyak keropos dimakan rayap. Dari situlah ide itu muncul. 

Selain tahan terhadap rayap, kulitb telur dipilih karena bisa menahan air. Uci membutuhkan waktu hingga dua tahun untuk menempelkan seluruh bagian rumahnya dengan kulit telur.

(Vivi Sanusi)

Biasanya kulit telur didapat dari tetangga dan para penjual nasi goreng atau martabak yang rutin menaruh sampah kulit di rumahnya. Ide kreatif Uci dinilai bisa mengurangi sampah dan menambah nilai seni dari sebuah bangunan. 

VIVI SANUSI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments