hero
(Reuters)

EDITOR : VANNICO SOEKARNO

14 Maret 2019, 19:34 WIB

MALAYSIA

 

Jaksa Agung Malaysia pada Kamis (14/03) menolak permintaan Vietnam untuk membebaskan seorang perempuan yang dituduh membunuh Kim Jong Nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara, dan pengadilan menetapkan 1 April agar persidangannya dilanjutkan kembali.

Vietnam mengikuti langkah Indonesia terkait pembebasan Siti Aisyah pada Senin (11/03) untuk membebaskan warga negaranya Doan Thi Huong.

Huong dan Siti Aisyah didakwa membunuh Kim Jong Nam dengan mengolesi wajahnya dengan racun VX, senjata kimia terlarang, di bandara Kuala Lumpur pada Februari 2017.

"Ini keluhan kami bahwa penuntutan publik belum bertindak adil dan adil kepada Doan Thi Huong," kata pengacara Hisyam Teh, yang meminta penundaan dengan alasan kliennya tidak sehat.

Teh mengatakan kepada pengadilan bahwa penolakan terhadap permintaan Vietnam itu “sesat”, dan diskriminasi, karena jaksa agung lebih menyukai satu pihak daripada yang lain.

Menteri kehakiman dan urusan luar negeri Vietnam sedang berkomunikasi dengan mitra mereka di Malaysia untuk menjamin pembebasan kliennya, Teh menambahkan.

Kementerian luar negeri Vietnam mengatakan, pihaknya menyesalkan keputusan pengadilan Malaysia untuk tidak segera membebaskan Huong.

"Vietnam telah menyebutkan kasus ini dalam semua pertukarannya dengan Malaysia dan kami juga telah meminta Malaysia melakukan pengadilan yang adil," juru bicara kementerian luar negeri Le Thi Thu Hang mengatakan pada konferensi pers di Hanoi.

Jaksa telah membuat kejutan pada Senin dengan meminta pengadilan untuk membatalkan tuduhan terhadap Siti Aisyah dan membebaskannya. Kedutaan Indonesia menerbangkannya ke Jakarta pada hari yang sama.

Persidangan menampilkan rekaman video bandara dari dua wanita yang diduga menyerang Kim Jong Nam sementara dia bersiap untuk check-in untuk penerbangan.

Video pertama, seorang wanita diidentifikasi sebagai Huong meletakkan tangannya di wajah Kim, sementara gambar buram menunjukkan seseorang diidentifikasi sebagai Siti Aisyah bergegas pergi.

Teh menolak spekulasi bahwa pembebasan Siti Aisyah adalah karena kurangnya bukti video.

"Jadi tidak ada bedanya sama sekali jika gambar Doan tertangkap di kamera CCTV, tidak ada sama sekali," katanya setelah sidang.

Di Vietnam, ibu tiri Huong, Nguyen Thi Vy, mengatakan keputusan itu membuatnya sedih.

"Saya tidak mengerti mengapa gadis lain itu dibebaskan, tetapi bukan putri saya," kata Vy kepada Reuters setelah keputusan itu. "Mereka didakwa dengan hal yang sama, itu adalah ketidakadilan."

Kim Jong Nam tinggal di pengasingan di Makau sebelum pembunuhan, meninggalkan tanah airnya setelah saudara tirinya Kim Jong Un menjadi pemimpin Korea Utara pada 2011 usai kematian ayah mereka.

Beberapa anggota parlemen Korea Selatan mengatakan rezim Korea Utara telah memerintahkan pembunuhan terhadap Kim Jong Nam, yang mengkritik pemerintahan dinasti keluarganya. Namun Pyongyang membantahnya.

 

REUTERS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments