hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

12 Maret 2019, 11:15 WIB

INDONESIA

Pernah enggak sih kamu memilih buah yang bagus tampak luar, tapi ternyata sebaliknya? Buahnya malah terlalu matang, atau justru masih mentah untuk dimakan.

Nah, berikut tips yang dilansir dari Brightside. Supaya kamu enggak salah pilih lagi saat membeli buah-buahan yang ada di bawah ini.

1Nanas

Cara memilih buah nanas. (BRIGHTSIDE)

Mau buat rujak? Berarti jangan pilih buah nanas yang tercium harum, karena itu tandanya buah sudah terlalu matang. Warna kulit yang hijau bukan berarti buah belum matang, tapi bisa saja memang varietasnya.

Buah nanas yang matangnya pas bisa dilihat dari daunnya. Biasanya memiliki ujung daun yang sedikit layu, dan warnanya yang sudah tidak terlalu hijau.

2Mangga

Cara memilih buah mangga. (BRIGHTSIDE)

Buah mangga enggak bisa selalu ditentukan kematangannya berdasarkan warna. Lebih baik, lihat kematangan mangga dari adanya bercak gelap pada kulitnya.

Ya bercak tersebut menandakan buah mangga sudah matang. Pilih juga buah yang sudah lembek jika ditekan, dan kulitnya tercium aroma manis.

3Pepaya

Cara memilih buah pepaya. (BRIGHTSIDE)

Tanda buah pepaya yang matang adalah warna kulitnya yang kuning hingga oranye. Tapi warna bukanlah satu-satunya yang menandakan kematangan buah pepaya.

Coba tekan terlebih dahulu, apakah tekstur pepaya masih keras. Jika ya, berarti pepaya belum matang, meski sudah berwarna oranye.

Selain itu, tanda bercak juga bisa menjadi tolak ukur kematangan buah yang kaya serat ini. Bercak gelap yang besar pada kulit pepaya, bisa jadi menandakan buah sudah terlalu matang.

4Alpukat

Cara memilih buah alpukat. (BRIGHTSIDE)

Buah alpukat yang matang, warna kulitnya bisa berwarna cokelat atau hijau terang tergantung varietasnya. Saat dikocok, biji alpukat yang matang akan terasa bergoyang di dalam.

Coba tekan kulit buah, kalau masih keras tandanya belum matang. Sebaliknya, kalau lunak tandanya sudah terlalu matang.

5Markisa

Cara memilih buah markisa. (BRIGHTSIDE)

Buah markisa yang sudah matang, dan bisa langsung dimakan biasanya punya kulit yang mengerut. Jangan pilih buah markisa yang berwarna hijau, karena itu berarti buah belum matang saat dipetik.

 

 

 

BRIGHTSIDE| POPSUGAR

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments