Danau Sapanca atau dibaca Sapanja, terletak di antara Kota Kocaeli dan Sakarya, Turki. Kebaikan alamnya menyajikan pemandangan indah, yang dapat dilihat dari Distrik Kartepe.

Posisi tepatnya berada di antara Teluk Izmit dan Padang Rumput Adapazari. Hati-hati kalau mau berenang ke sini, karena kedalaman maksimumnya bisa mencapai 52 meter.

Uniknya, tempat seluas 45 km² ini memiliki legenda yang dipercayai masyarakat setempat. Mereka meyakini dulunya Danau Sapanca tersebut merupakan perkampungan. Yang kemudian, terkena bencana banjir. Bencana tersebut rupanya adalah buah kutukan seorang pria tua yang membawa ketapel.

Pria tua itu enggak terima, karena saat memasuki kampung, di saat haus melanda, enggak ada seorang pun yang memberikannya minum. Kemudian saat pria itu keluar dari kampung itu, ia mengucap sumpah serapah agar kampung tersebut ditenggelamkan.

Akhirnya dinamakanlah danau itu dengan Sapanca yang artinya ketapel. Benda yang dibawa oleh pria sakti tersebut. Bahkan masyarakat setempat meyakini masih ada masjid yang berdiri kokoh di dasar danau besar itu.

Namun, di luar kisah yang masih dipertanyakan kebenarannya, cerita ini rupanya mampu menjadi magnet. Menarik perhatian para pengunjung baik domestik maupun mancanegara untuk datang ke Danau Sapanca.

Selain dapat memanjakan mata, di sini kamu juga bisa membahagiakan perut. Banyak restoran dan food street khas Turki yang tersedia di sini. Seperti jagung, kentang, dan gozleme atau pancake tradisional yang gurih.

Di sekitar lokasi wisata Danau Sapanca ini juga dilengkapi arena bermain. Seperti komedi putar dan pompong air. Enggak heran, banyak wisatawan yang datang ke sini setiap harinya.

NET.CJ ANDHARA ELMY MAUREZA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments