hero

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

11 Maret 2019, 10:15 WIB

AMERIKA SERIKAT

Menonton film horor memang bisa bikin kamu ketakutan. Beberapa film horor terasa sangat nyata, bahkan dapat membuat penonton berpikir ada makhluk gaib sungguhan yang meneror para pemerannya. 

Bukan tak mungkin, beberapa aktor dan aktris pemeran film bergenre horor meninggal setelah atau saat proses syuting film yang diperankannya. Kematian mereka lantas dihubungkan dengan kutukan atau teror dari arwah yang berasal dari kisah film tersebut, seperti yang telah dirangkum berikut ini.

 

 

 

 

 

1. Jack MacGowran ('The Exorcist', 1973).

Jack MacGowran ('The Exorcist', 1973). (GRUNGE)

Aktor Jack MacGowran yang berperan sebagai Burke Dennings meninggal dunia akibat komplikasi penyakit pada waktu penayangan perdana atau premiere film 'The Exorcist'. Dalam film, Burke dikisahkan meninggal dunia setelah terlempar keluar jendela oleh arwah yang mengamuk.

Dinobatkan sebagai salah satu film horor paling menyeramkan sepanjang masa, 'The Exorcist' diadaptasi dari novel yang diangkat dari kisah nyata dan ditulis oleh William Blatty dengan judul yang sama. Menceritakan seorang gadis remaja bernama Regan yang kerasukan arwah, proses produksi film ini juga sempat mengalami berbagai kejadian aneh. Seperti lokasi set yang tiba-tiba terbakar, kecuali kamar milik Regan.

2. Dominique Dunne ('Poltergeist', 1982).

Dominique Dunne ('Poltergeist', 1982). (GRUNGE)

Aktris Dominique Dunne pemeran karakter Dana Freeling, seorang gadis remaja yang kerasukan arwah penghuni rumahnya dalam 'Poltergeist' juga meninggal dunia. Dominique meninggal akibat dibunuh dengan cara dicekik oleh mantan kekasihnya di tahun yang sama dengan debut 'Poltergeist' di Amerika Serikat.

Hal ini membuat banyak orang yang menghubungkan kematian Dominique dengan film 'Poltergeist' yang dianggap terkutuk. Menceritakan rumah keluarga pasangan Steven dan Diane Freeling yang dihuni arwah, 'Poltergeist' memiliki korban nyawa lain yang akan dibahas di list berikutnya.

3. Julian Beck ('Poltergeist II: The Other Side', 1986).

Julian Beck ('Poltergeist II: The Other Side', 1986)

Berperan sebagai karakter arwah pendeta Henry Kane yang gila, aktor Julian Beck meninggal dunia akibat kanker perut stadium akhir setelah produksi film 'Poltergeist II: The Other Side'. Meski sudah mengidap kanker sejak lama, kematian Julian kerap dikaitkan dengan kutukan film 'Poltergeist' oleh penonton.

Karakter Henry Kane yang memiliki mata cekung, kulit yang berwarna kekuningan, dan rangka tulang yang menonjol, bukanlah hasil spesial efek atau makeup. Itu adalah gejala dari penyakit kanker yang diderita Julian.

4. Bela Lugosi ('Plan 9 from Outer Space', 1959).

Bela Lugosi ('Plan 9 from Outer Space', 1959). (GRUNGE)

Aktor Bela Lugosi dikenal karena perannya sebagai drakula dan karakter antagonis dalam berbagai film horor sejak 1910-1950-an. Sebut saja 'Dracula' (1931), 'The Black Cat' (1934), dan 'Son of Frankenstein' (1939).

Bela Lugosi meninggal akibat serangan jantung, pada 16 Agustus 1959 di tempat tidur apartemennya di Los Angeles, Amerika Serikat. Pada saat ditemukan, mayat Lugosi digosipkan tengah menggenggam naskah 'Plan 9 from Outer Space', proyek film horor milik Ed Wood yang akan diperankannya. Pria berusia 73 tahun itu juga dikabarkan mengenakan salah satu kostum drakula saat dikuburkan.

5. Aaliyah Dana Haughton ('Queen of the Damned', 2002).

Aaliyah Dana Haughton ('Queen of the Damned', 2002). (GRUNGE)

Penyanyi sekaligus aktris Aaliyah meninggal dunia akibat kecelakaan pesawat di Bahama setelah menyelesaikan film 'Queen of the Damned'. Pesawat yang ditumpangi wanita berusia 22 tahun itu dikabarkan kelebihan beban muatan sehingga pilot hilang kendali.

Meski diakibatkan kelalaian manusia, kematian Aaliyah tetap dihubungkan dengan perannya sebagai ratu vampir. Walaupun pengambilan gambar untuk filmnya telah selesai, beberapa bagian suara Aaliyah ternyata harus direkam ulang. Hal itu akhirnya digantikan oleh kakak laki-laki Aaliyah yang memiliki suara mirip dengannya, sekaligus sebagai penghormatan bagi sang adik.

GRUNGE | THE LIST

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments