hero

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

4 Maret 2019, 16:05 WIB

AMERIKA SERIKAT

Fenomena transgender di kalangan selebriti sempat ramai diperbincangkan masyarakat Tanah Air. Tapi, sudah tahu kah kamu kalau fenomena seperti ini adalah hal yang lumrah di negara barat sana?

Perbedaan kultur dan budaya pastinya membuat hal ini dipandang dengan cara yang berbeda-beda. Tak heran jika selebriti di sana tak malu untuk blak-blakan mengungkapkan jati diri mereka yang sebenarnya.

Berikut adalah lima selebriti yang ternyata seorang transgender. Jangan bilang kamu belum tahu nih!

 

1. Jake Zyrus.

Jake Zyrus. (CHEAT SHEET)

Penyanyi yang mulai terkenal dari media sosial Youtube ini lahir dengan nama Charmaine Clarice Relucio Pempengco. Ia sempat berperan di dua season serial televisi terkenal 'Glee'.

Tepat di Juni 2017, Pempengco resmi mengumumkan transisinya menjadi seorang laki-laki bernama Jake Zyrus. Namun, hal ini tak memengaruhi kiprahnya di dunia bermusik. Terlihat dari akun Instagramnya, Jake belum lama ini sedang sibuk dengan proses rekaman lagu. 

2. Jamie Clayton.

Jamie Clayton. (CHEAT SHEET)

Buat kamu yang setia mengikuti serial televisi 'Sense8' di Netflix, pasti tak asing lagi dengan Jamie Clayton yang berperan sebagai Nomi. Di tahun 2010, Jamie sempat menjadi makeup artist dan co-host di reality show 'TRANSform Me'. 

Karirnya terus menanjak sampai sekarang. Jamie tergabung dalam beberapa proyek serial televisi, termasuk 'Are We There Yet?' dan 'The Neon Demon'.

Meski dirinya adalah seorang transgender, Jamie tak pernah malu mengungkapnya. Jamie justru sangat vokal tentang kesulitan yang ia hadapi dalam membangun karir sebagai wanita transgender.

3. Caroline Cossey.

Caroline Cossey. (CHEAT SHEET)

Tahu kah kamu kalau Caroline Cossey adalah salah satu wanita yang sempat berperan sebagai Bond Girl di film 'James Bond: For Your Eyes Only'? Paras cantiknya tentu membuat setiap orang tak sadar bahwa Cossey adalah seorang transgender.

Cossey sendiri menutupi hal tersebut, sampai akhirnya di tahun 1978 sebuah majalah mengungkap identitas aslinya. Pada usia 17 tahun, Caroline mulai melakukan terapi penggantian hormon dan mengubah kelaminnya beberapa tahun kemudian, pada 1974. Cossey juga menjadi wanita transgender pertama yang muncul di majalah Playboy tahun 1991.

4. Isis King.

Isis King. (CHEAT SHEET)

Sempat terjegal di ajang kecantikan 'America's Next Top Model' seri ke-11 karena diketahui bukan wanita sejati, tak membuat Isis King lantas menyerah. Beberapa tahun kemudian dirinya tetap gigih membangun karir di dunia model dan entertainment.

Segala kerja kerasnya membuat King berhasil tampil di 'The Tyra Banks Show', majalah Seventeen, Out Magazine, bahkan sampai menjadi sampul majalah Swerv. Di tahun 2012, King sempat menjadi wanita transgender pertama yang secara terbuka menjadi model untuk clothing line 'American Apparel'.

5. Jazz Jennings.

Jazz Jennings. (CHEAT SHEET)

Meski usianya masih 17 tahun, Jazz Jennings yang terkenal melalui Youtube sudah memantapkan dirinya menjadi seorang transgender. Semua itu bermula di tahun 2007, saat dirinya masih berusia 6 tahun. Jazz mulai muncul ke publik melalui wawancara di 'The Rosie Show' dan '20/20', sampai akhirnya membuat channel Youtubenya sendiri.

Jazz bahkan sudah memiliki buku yang berjudul 'I Am Jazz'. Di buku tersebut, ia menceritakan tentang kehidupannya sendiri yang merupakan seorang anak kecil namun berani mengambil keputusan besar menjadi seorang transgender.

CHEAT SHEET | THE LIST

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments