hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

21 Februari 2019, 08:45 WIB

INDONESIA

Siapa yang pernah mengalami enggak pede dengan berat badan ketika akan datang ke suatu acara seperti kondangan, reunian atau janji kencan? Pastinya kamu ingin berat badan bisa terkikis dalam waktu singkat kan? Sebenarnya, hal ini bisa saja dilakukan, dengan catatan kamu harus memangkas kalori yang masuk ke dalam tubuh, membakar kalori dan olah raga.

Untuk memangkas kalori yang masuk ke dalam tubuh dan menurunkan berat badan dengan cepat, ada beberapa makanan yang wajib dihindari.

1. Stop mengonsumsi gula

Hindari gula saat ingin menurunkan berat badan. 

Yup, kalau mau turun berat badan, jauh-jauh dari gula. Biasanya da di soft drink, jus buah, kue dan roti, serta permen. Rata-rata kandungan gula dalam segelas soft drinks mencapai 8 sendok teh atau sekitar 72 kalori. Dan untuk membakar kalori sebanyak itu, kamu harus berjalan sebanyak 1440 langkah!

2. Hindari makanan olahan

Gula juga tersembunyi di makanan. Bisa saja kamu mengonsumsi salad, tapi dressing saladnya mengandung gula. Ini berlaku juga untuk saus barbekyu, kecap dan mustard. Tidak manis bukan berarti tidak mengandung gula, cek selalu label makanan kamu ya. Makanan olahan juga tidak baik karena mengandung terlalu banyak garam.

3. Pemanis buatan

Jangan pernah menggantikan gula dengan pemanis buatan. Hal ini akan membuat tubuh kamu terus craving yang manis-manis. Ketika tubuh kamu tidak mendapat asupan kalori yang dibutuhkan, rasa craving akan dimulai. Memang sulit menghindari dari makanan manis, tapi ingat, kamu kan ingin berat badan turun cepat.

4. Tidak makan keripik dan gorengan

Jauhi gorengan.

Apapun yang digoreng, pakai minyak apapun, tetap akan mempengaruhi berat badan. Pokoknya, kalau mau turun berat badan dengan cepat, hindari keripik, kentang goreng, ayam goreng, dan lainnya. Kenapa? Karena biasanya makanan yang digoreng ini memicu kamu untuk makan lebih banyak.

5. Lupakan roti-rotian

Roti putih harus dihindari juga.

Sama seperti gorengan, roti putih juga tidak baik untuk misi menurunkan berat badan. Hindari semua jenis roti putih, pastries, kue dan makanan lain yang mengandung tepung terigu! Roti putih memiliki angka glikemik tinggi. Untuk menggantinya, kamu bisa mengonsumsi roti gandum utuh.

6. Hindari kopi yang sarat pemanis dan krimer

Jangan mengonsumsi kopi seperti ini lagi.

Yup, hindari kopi yang ditambahkan dengan gula, perasa dan krimer. Bahkan ketika kamu menghilangkan gula dan perasa, krimernya tetap akan menyabotase proses penurunan berat badan. Konsumsilah kopi hitam murni.

7. Kurangi garam

Garam memang penting untuk menjaga tubuh kamu berfungsi normal. Tapi, jangan berlebihan mengonsumsi garam. Ketika kamu makan makanan olahan yang mengandung garam tinggi, tubuh kamu akan menahan air untuk mempertahankan jumlah garam tetap normal di tubuh. Untuk menurunkan berat badan dengan cepat, kurangi garam, maka kamu akan mengurangi berat air.

8. Hindari jus buah

Jus buah yang ditambahkan susu dan gula? Jauhkan!

Jangan minum jus buah untuk menurunkan berat badan. Apalagi jika jus tersebut dibuat dengan tambahan gula dan susu! Jus juga biasanya tidak mengandung serat, sehingga tubuh kamu tidak merasa kenyang. Lebih baik langsung mengonsumsi buah potongnya.

9. Jauhi es krim

Jauh-jauh dari es krim juga, ya.

Es krim sudah pasti harus dihindari karena mengandung gula dan lemak. Kalau kamu ingin mengonsumsinya, coba beralih ke es krim rendah lemak dan sorbet.

Sebagai langkah awal menurunkan berat badan, hindari saja dulu makanan yang ada dalam daftar di atas.  Dalam waktu 2-4 minggu biasanya sudah terlihat hasilnya. Untuk jangka panjang, pastikan kamu menjadikannya sebagai bagian dari gaya hidup. Ubah pola makan dan perbanyak gerak.

Selamat mencoba!

FOOD PREVENT | BRIGHTSIDE

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments