hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

21 Februari 2019, 12:05 WIB

SOLO, INDONESIA

Anjing menjadi salah satu binatang kesayangan banyak orang. Selain terkenal karena kesetiaannya, anjing juga binatang yang seru untuk diajak main. Nah, karena kecintaan itulah mengilhami Endah Dwi Palupi untuk menjadi seorang breeder atau pengembang biak anjing ras kintamani. 

Kintamani adalah anjing ras asli Indonesia dan banyak ditemukan di pegunungan Kintamani, Bali. Sudah 24 tahun Endah melakoni profesi ini. Semua pengembangbiakkan dilakukan di Banjarsari, Solo, Jawa Tengah. Menurut Endah, anjing ini punya kelebihan dibandingkan anjing pada umumnya.

(NET.CJ/Is Ariyanto)

"Anjing ini secara karakter beda. Anjing ini berani, karena dari daerah asalnya Bali digunakan untuk menjaga. Dia intiuisinya sangat kuat sekali. Karena dia anjing asli Indonesia jadi secara iklimnya enggak ribet," ujar Endah. 

Dari keuletannya ini, sudah ada 187 anakkan anjing dari 38 kelahiran yang berhasil ia lakukan. Selain karena cinta, Endah melakukan ini karena ingin melestarikan anjing yang telah diakui oleh Asian Kennel Union ini agar tidak punah. 

(NET.CJ/Is Ariyanto)

Dalam setahun, rata-rata anjing jenis ini bisa berkembang biak sebanyak dua kali. Dalam sekali melahirkan bisa mencapai empat ekor anak anjing. Harga satu anak anjing kintamani berkisar antara Rp2 juta hingga Rp7 juta. Sedangkan untuk anjing dewasa dihargai Rp15 juta. 

IS ARIYANTO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments