hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

20 Februari 2019, 08:45 WIB

INDONESIA

Dengan makin banyaknya gerakan hidup sehat, makin banyak pula orang yang berusaha tetap olahraga meskipun tidak sempat ke pusat kebugaran. Variasi gerakan olah raga yang bisa dilakukan di mana saja juga makin banyak. Namun, hati-hati, ada beberapa gerakan yang kemungkinan malah bisa membahayakan tubuh. Berikut ini ada beberapa gerakan yang sering dilakukan namun sebenarnya kurang baik untuk tubuh, dan refereni gerakan pengganti yang lebih aman.

1. Gerakan pull-down di belakang leher

BRIGHTSIDE

Secara umum, latihan pull-down menargetkan otot-otot punggung. Otot punggung yang merupakan kelompok otot besar yang biasanya membutuhkan beban yang relatif berat. Masalahnya dimulai ketika harus menarik beban di belakang leher. Dalam hal ini, tidak ada pilihan selain memutar leher ke depan, membuat banyak ketegangan. Ditambah lagi, bahu berada pada posisi yang sangat canggung. Kenyataannya adalah, tarikan naik turun di belakang leher tidak memiliki kelebihan tertentu dibandingkan dengan pull-down tradisional, di mana kamu menarik beban turun ke dada. Gerakan ini juga lebih aman loh.

2. Melatih otot triceps dengan bertumpu pada bangku

BRIGHTSIDE

Meskipun gerakan dips adalah latihan yang efektif untuk triceps, ada baiknya dihindari karena memaksa bahu untuk melakukan rotasi internal yang ekstrim dan memberi terlalu banyak tekanan pada sendi. Lebih buruk lagi jika melakukannya di kursi atau bangku tinggi, seperti yang biasanya disarankan untuk pemula.

Ganti gerakannya dengan triceps extensions, yaitu berdiri selebar bahu dengan satu dumbbell yang dipegang 2 tangan. Angkat dumbbell ke atas kepala, pastikan bagian siku menempel di kepala. Turunkan dumbbell ke belakang kepala, kembalikan lagi ke posisi semula. Ulangi.

3. Melompat sambil menekuk kaki ke dada

BRIGHTSIDE

Biasanya ketika kamu squat atau burpee, kemudian kamu melompat dan menekuk lutut ke arah dada. Ini mungkin terlihat keren, tetapi hal itu membuat lutut dan pergelangan kaki sangat tertekan tanpa manfaat nyata. Agar lebih efektif dan tidak membuat pergelangan kaki dan lulut tertekan, lompat saja seperti biasa.

4. Crunch

BRIGHTSIDE

Kita semua ingin mendapatkan perut yang rata, tetapi crunch benar-benar bukan cara terbaik untuk mencapai tujuan ini. Gerakan ini selain tidak efektif, juga tidak aman. Orang yang baru memulai gerakan ini akan menarik leher ke depan dan memberi terlalu banyak tekanan di leher. Coba ganti gerakan dengan plank, selain lebih efektif, gerakan ini juga bisa disesuaikan dengan kondisi kamu.

5. Sit-up

BRIGHTSIDE

Latihan ini mungkin populer, tetapi tidak berarti itu efektif. Faktanya, sit-up bahkan lebih buruk untuk punggung bagian bawah daripada crunch. Coba ganti gerakan dengan mengangkat kaki sambil berbaring. Cara ini simpel namun sangat efektif melatih otot perut dan paha.

Nah, itu hanya beberapa gerakan populer saja, jadi pastikan kamu mengubah gerakannya dengan yang lebih aman. Jika memiliki masalah medis, bicarakan dengan dokter atau fisioterapis terlebih dahulu untuk memeriksa dan melihat apakah ada beberapa latihan yang harus dihindari, dan bagaimana cara menggantinya. Dan jika kamu baru mengenal dunia olahraga, sangat bermanfaat untuk memesan beberapa sesi dengan pelatih pribadi untuk mempelajari cara melakukan latihan dengan benar. Kualitas dalam latihan selalu lebih penting daripada kuantitas.

BRIGHTSIDE | HEALTH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments