hero
(ANTARA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

20 Februari 2019, 14:00 WIB

ACEH, INDONESIA

Kepemilikan Prabowo Subianto atas Hak Guna Usaha (HGU) lahan seluas 120 ribu hektar di Aceh Tengah menjadi polemik yang meluas hingga ke tanah rencong. Kini suara keras datang dari Wakil Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA) Kamaruddin Abu Bakar alias Abu Razak. KPA adalah organisasi yang membawahi sekitar 50 ribu eks kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM). 

Abu bersuara keras lantaran adanya pernyataan dari Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Dahnil Azhar Simanjuntak. Senin lalu, Dahnil menyebut lahan Prabowo seluas 120 ribu hektare di Aceh banyak digarap oleh eks GAM. "Kombatan-kombatan GAM di Aceh itu banyak memanfaatkan tanah-tanah itu atas izin Pak Prabowo," kata Dahnil di Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, Senin 18 Februari lalu.

BACA JUGA:
Sandiaga Sebut Lahan Prabowo Justru Memberi Banyak Manfaat untuk Masyarakat​
YARA Minta Prabowo Bagikan Lahannya di Aceh untuk Korban Konflik

Koordinator Juru Bicara pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Dahnil Anzar Simanjuntak (kanan) di Jalan Kertanegara, Jakarta, Selasa (2/10). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Abu membantah pernyataan adanya pengelolaan lahan Prabowo oleh mantan GAM. “Pernyataan dahnil Anhar Simanjuntak, juru bicara pemenangan 02 itu pernyataan yang menyesatkan. Saya sebagai wakil ketua KPA tidak pernah ada pemberian untuk dikelola oleh kombatan, apakah kombatan pusat maupun kombatan di wilayah Bener Meriah ataupun Wilayah Lingge,” kata Abu kepada Munandar Syamsuddin dari NET di Aceh, Rabu pagi. 

Abu bahkan meminta Dahnil agar segera meluruskan pernyataannya agar tidak menimbulkan konflik internal di Aceh. “Kalau macam itu pernyataan Dahnil Anhar Simanjuntak itu menyesatkan bagi kami KPA, kombatan tidak bisa menerima pernyataan itu, salah-salah 150 ribu kombatan di seluruh Aceh menyalahkan kami, termasuk Haji Muzakkir Manaf dan saya sebagai wakil ketua KPA Pusat,” lanjut Abu.  

BACA JUGA:
Walhi Benarkan Adanya Lahan Prabowo Berupa Hutan Pinus di Aceh Tengah
Mahasiswa Gayo Minta Prabowo Kembalikan Lahan di Aceh Tengah​

Wakil Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA) Kamaruddin Abu Bakar alias Abu Razak. (NET/Munandar Syamsuddin)

Perdebatan antara KPA dengan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi bisa jadi akan terus berlanjut karena tak hanya Dahnil yang mengaitkan pemanfaatan lahan Prabowo oleh eks kombatan GAM. Senin lalu, Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno juga menyatakan bahwa lahan Prabowo telah memberikan manfaat bagi masyarakat termasuk untuk mantan GAM.

“Pak Prabowo menyatakan bahwa lahan yang dia kelola itu justru banyak untuk membuka lapangan kerja dan yang di Aceh banyak digunakan oleh para aktivis-aktivis GAM (Gerakan Aceh Merdeka) untuk meningkatkan ekonomi mereka,” kata Sandi.

MUNANDAR SYAMSUDDIN 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments