hero
(ANTARA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

20 Februari 2019, 13:00 WIB

ACEH, INDONESIA

Polemik kepemilikan Prabowo Subianto terhadap Hak Guna Usaha (HGU) 120 ribu hektar lahan di Aceh Tengah terus bergulir. Tak hanya di kalangan elite politik di Jakarta, polemik ini juga ramai diperbincangkan di Aceh. Berbagai usul dan gagasan didengungkan oleh sejumlah pihak, termasuk dari kalangan aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di tanah rencong.

Salah satu pendapat datang dari Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) yang menyurati Prabowo Subianto. Dalam surat itu, mereka meminta agar Calon Presiden nomor urut 02 ini memberikan tanahnya untuk masyarakat Aceh. “Saya kemarin menyurati Pak Prabowo setelah melihat debat calon presiden. Di debat tersebut dinyatakan bahwa Pak Prabowo punya lahan di Aceh beberapa ribu hektar dan kemudian siap melepaskannya untuk kepentingan bangsa,” kata Ketua YARA Aceh, Safaruddin.

BACA JUGA:
Walhi Benarkan Adanya Lahan Prabowo Berupa Hutan Pinus di Aceh Tengah
Mahasiswa Gayo Minta Prabowo Kembalikan Lahan di Aceh Tengah​

Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA), Safaruddin. (NET/Munandar Syamsuddin)

Safarudin mendorong agar Prabowo benar-benar membuktikan komitmennya sebagai patriot seperti yang dikatakan saat debat ke-2 capres Minggu lalu, “Jadi karena Pak Prabowo seorang patriot, saya yakin akan berkorban untuk bangsa dan negara,” kata dia. 

Menurut Safarudin, jika satu kepala keluarga mendapatkan dua hektar dari lahan tersebut maka langkah itu bisa menyejahterakan masyarakat Aceh. “Selama kami melakukan advokasi ini menemukan banyak masyarakat miskin yang tidak mampu, kemudian korban-korban konflik, terutama korban harta benda, korban jiwa, belum tersentuh sehingga ini kita perjuangkan sehingga kami berinisiatif menyurati Pak Prabowo untuk meminta supaya lahan HGU di Aceh itu dilepaskan dan dibagikan kepada masyarakat,” lanjut Safaruddin.

BACA JUGA:
Sandiaga Sebut Lahan Prabowo Justru Memberi Banyak Manfaat untuk Masyarakat

Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kedua kiri) dan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) saling memberi salam seusai debat capres 2019 disaksikan moderator di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Isu kepemilikan lahan Prabowo mencuat saat debat ke-2 antar Calon Presiden RI, Minggu malam. Joko Widodo menyebut kepemilikan lahan oleh Prabowo seluas 220 ribu hektare di Kalimantan Timur dan 120 ribu hektare di Aceh Tengah. Jokowi menyampaikan hal ini saat menjawab pertanyaan seputar reforma agraria.

Prabowo tak bisa langsung menanggapi karena segmen ketiga telah selesai. Namun dalam testimoninya saat menutup debat, Prabowo mengakui memiliki lahan seluas itu. Hanya saja, status tanah itu merupakan hak guna usaha (HGU). Prabowo menyatakan rela jika sewaktu-waktu negara ingin mengambil kembali tanah tersebut.

Prabowo menambahkan lagi, tanah itu lebih baik dia yang mengurus daripada dikelola oleh asing. "Lebih baik saya yang kelola karena saya nasionalis dan patriot," ujar Prabowo.

MUNANDAR SYAMSUDDIN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments