hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

18 Februari 2019, 14:00 WIB

KOREA SELATAN

Hidup di bawah sorotan kamera jadi salah satu hal yang berat bagi para idol karena netizen terus mengawasi mereka. Publik bisa menjadi sangat kasar hanya karena satu kesalahan, dan karir pun terancam hancur. Beberapa idol ini terlibat skandal terburuk dalam 20 tahun terakhir, yang akhirnya berdampak tidak hanya pada karir mereka, namun juga mengguncang industri hiburan K-Pop.

 

1. Video Seks

Baek Ji Young kena skandal video seks. (KOREA BOO)

19 November 2000, penyanyi Baek Ji Young terbangun dan menemukan video seksnya dengan mantan manajernya, Kim Ji Won. Video yang direkam diam-diam pada tahun 1998 ini digunakan untuk mengancam Baek Ji Young setiap kali ia ingin mengganti manajer. Video ini pun viral di internet. Kim Ji Won kabur ke Amerika Serikat, tapi kemudian ditangkap oleh kepolisian disana karena berhubungan seks dengan anak dibawah umur.

Karis Baek Ji Young sempet hancur. (KOREA BOO)

Meski Baek Ji Young telah meminta maaf pada publik atas skandal tersebut, netizen tetap menghukumnya. Ia dipaksa keluar dari Korea, semua lagunya diturunkan, dan semua kontrak iklannya dibatalkan. Baek Ji Young akhirnya menyewa pengacara untuk menuntut mantan manajernya. Ia juga bersikeras terus bernyanyi. Ia bahkan mengadakan jumpa fans diam-diam karena takut fansnya ikut dibully netizen.

Baek Ji Young dan suaminya. (KOREA BOO)

Enam tahun kemudian Baek Ji Young bangkit kembali dengan album ‘Smile Again’. Ia bahkan dikenal sebagai Ratu Soundtrack karena banyaknya soundtrack film dan drama yang ia nyanyikan. Karirnya bersinar lagi, bahkan pada tahun 2013 ia menikah dengan aktor Jung Suk won.

2. Perselingkuhan

Lee Mi Sok dan perselingkuhan dengan pria muda. (KOREA BOO)

Pada tahun 2011, aktris Lee Mi Sook digugat oleh agensinya, The Contents Entertainment, terkait dengan kontrak eksklusifnya pada agensi tersebut. Kepala agensi mengungkapkan bahwa ia telah menghabiskan jutaan won untuk menutupi affair antara Lee Mi Sook dengan remaja yang jauh lebih muda. Pria yang dipanggil Mr. Kim ini mengungkapkan bahwa Lee Mi Sook terlibat affair dengan pria berusia 17 tahun sejak tahun 2006. Hal ini menimbulkan kontroversi karena pada saat itu Lee Mi Sook masih menikah dengan mantan suaminya.

Menurut Mr. Kim, Lee Mi Sok bukan hanya melanggar kontrak dan berhutang sejumlah uang, tapi ia juga berhutang untuk menutupinya. Jika berita ini terkuak, Lee Mi Sook harus berhenti jadi aktris, dan pria muda ini tahu benar akan hal itu. Maka ia menggunakan hal ini sebagai alat untuk memeras dan mengancam Lee Mi Sook. Akhirnya agensi menyelesaikan masalah ini dengan memberinya jutaan won.

Lee Mi Sook menggugat reporter yang membocorkan berita itu, tapi pacarnya menulis surat anonim pada pers, meminta maaf atas keterlibatannya. Ia menulis bahwa kehidupannya yang sulit membuat ia harus menipu dan memeras orang lain.

3. Pernikahan Rahasia

Lee Ji Ah pernah menikah secara rahasia dengan Seo Taiji. (KOREA BOO)

Pada tahun 2011 terungkap bahwa aktris Lee Ji Ah telah menikah dengan mega idol, Seo Taiji, selama 9 tahun, yaitu sejak 1997 hingga 2006. Hal ini mengejutkan karena ia sedang berpacaran dengan lawan mainnya di film Athena, Jung Woo Sung. Seo Taiji yang terkenal sangat tertutup terhadap kehidupan pribadinya jadi ikut terseret, ketika berita tentang masa lalu pasangan ini terungkap.

Seo Taiji terseret kasus pernikahan rahasianya yang terungkap ke publik. (KOREA BOO)

Lee Ji Ah dan Jung Woo Sung mengumumkan hubungan mereka pada 11 Maret 2011. Banyak foto yang beredar ketika pasangan ini berkencan di Paris. Ketika terdengar berita bahwa Ji Ah menuntut harta gono gini dari Seo Taiji, Jung Woo mengungkapkan bahwa hubungannya dengan Ji Ah juga telah kandas. Ji Ah mendapatkan banyak cercaan tidak hanya dari para fansnya sendiri, tapi juga dari fans Seo Taiji dan tentunya fans Jung Woo Sung.

4. Bunuh Diri & Percobaan Bunuh Diri

Kondisi mobil Ho Young. (KOREA BOO)

Pada tahun 2013, di dalam mobil Son Ho Young ditemukan mayat mantan pacarnya. Ia pun langsung ditetapkan sebagai tersangka, namun beberapa jam kemudian dibebaskan setelah ditemukan fakta bahwa penyebab kematian adalah bunuh diri. Sayangnya, insiden ini membuat hidup anggota G.O.D ini jadi berantakan. Terlebih lagi, mantan pacarnya menulis dalam surat sebelum ia bunuh diri, bahwa alasannya mengakhiri hidup adalah karena kekecewaannya pada Son Ho Young.

Ho Young bangkit berkat dukungan G.O.D. (KOREA BOO)

Perasaan terluka karena kehilangan pacarnya dan perasaan gagal sebagai artis solo telah membuatnya depresi. Ho Young pun melakukan percobaan bunuh diri sama seperti yang dilakukan pacarnya, yaitu menyalakan gas beracun dan meminum banyak obat tidur, hingga harus dirawat di rumah sakit selama lebih dari seminggu. Saat ia terbangun di rumah sakit, ia menyadari dan bersyukur bahwa ia punya support system di G.O.D. Hal inilah yang membuatnya mampu bangkit dari keterpurukan.

5. Pemerasan

Lee Byung Hun diperas oleh Dahee dan Lee Ji Yeon. (KOREA BOO)

Agustus 2014, Lee Byung Hun melapor pada polisi atas percobaan pemerasan yang dilakukan dua idol Dahee GLAM dan model Lee Ji Yeon. Mereka mengatakan merreka punya video Lee Byung Hun berkomentar cabul saat mereka sedang minum-minum bersama. Mereka mengancam akan menyebarkannya, kecuali jika Byung Hun memberi 5 juta dolar.

Member GLAM yang memeras Lee Byung Hun. (KOREA BOO)

Lee Ji yeon dihukum penjara setahun dua bulan, dan Dahee satu tahun penjara. Lee Byung Hun kemudian mengajukan permohonan maaf  untuk mereka pada pengadilan, sehingga hukuman mereka dikurangi.

6. Penganiayaan dan Aborsi

Kim Hyun Joong jadi orang paliong dibenci di Korsel selama setahun karena skandalnya. (KOREA BOO)

Kim Hyun Joon mungkin adalah orang yang paling dibenci di Korea Selatan selama tahun 2014 hingga 2015. Ia dituduh melakukan penganiayaan fisik terhadap pacarnya pada bulan Agustus 2014. Namun kasus ini kemudian ditutup. Pacarnya kemudian mengaku kalau ia hamil, dan menunjukkan pesan dari Kim Hyun Joong yang menyuruhnya untuk aborsi dan memanggilnya babi. Bahkan ia mengaku ini adalah aborsinya yang keempat kali. Ia mengatakan bahwa ia keguguran karena mengalami kekerasan dari Kim Hyun Joong.

Bukti penganiyaan. (KOREA BOO)

Setelah mengetahui sisi gelap aktor ganteng ini, banyak fans kehilangan simpati dan meninggalkan fandom. Kim Hyun Joong mengalami masa sulit untuk comeback sejak saat itu. Tapi kemudian terungkap bahwa mantan pacarnya ini berbohong dan semua hanya karangannya saja. Ia digugat oleh Kim Hyun Joong untuk penipuan dan didenda 5000 dolar pada Februari 2018.

7. Tuduhan Perkosaan

Yoochun dituduh memperkosa 5 perempuan. (KOREA BOO)

Yoochun, salah satu pemeran dalam drama Sungkwakan Scandal dan Rooftop Prince, yang juga anggota JYJ, menghadapi tuntutan hukum karena melakukan pemerkosaan terhadap 5 orang wanita pada tahun 2016. Wanita pertama yang menuntutnya mengatakan Yoochun menyeretnya ke toilet di sebuah tempat hiburan dewasa, lalu memperkosanya. Empat wanita lain mengatakan Yoochun memperkosa masing-masing dari mereka di toilet bar pada tahun 2014. Reputasi Yoochun jatuh karena tuduhan-tuduhan ini.

Yoochun dibebaskan dari semua tuduhan pada Juli 2016 karena kurangnya bukti. Tapi reputasinya sudah hancur karena ia dianggap sebagai seorang yang sering mengunjungi lokasi prostitusi tertutup. Wanita yang pertama kali menuntutnya kemudian dinyatakan bersalah karena melakukan pemerasan, ketika terungkap bahwa ia meminta uang 800000$ dari agensi Yoochun, C-Jes Entertainment. Setelah selesai wajib militer pada 2017, Yoochun mulai melakukan promosi lagi.

8. Narkoba

Suami baek Ji Young terlibat skandal penggunaan narkoba. (KOREA BOO)

Setelah mengatasi skandal dalam karir keartisannya, ternyata Baek Ji Young harus menghadapi skandal lain. Februari 2018 lalu, suaminya Jung Suk Won ditangkap di bandara Incheon karena kedapatan menggunakan methampetamin selama penerbangan ke Australia. Ia kemudian mengeluarkan pernyataan melalui agensinya bahwa ia bersalah dan akan berlaku kooperatif selama investigasi kepolisian.

Baek Ji Young meminta maaf atas nama suaminya saat konser di Seoul, bahwa sebagai istri juga ikut merasa bersalah.

KOREA BOO | SOOMPI

7

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments