hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

17 Februari 2019, 06:00 WIB

KOREA SELATAN

Masa trainee adalah salah satu masa yang paling berat dalam kehidupan para K-Pop Idol, termasuk BTS. Apalagi mereka berada di bawah agensi yang belum terkenal saat itu. Melihat betapa suksesnya BTS sekarang, banyak yang penasaran bagaimana sepak terjang mereka di masa trainee. Dan pemilik restoran Yoojung Sikdang, Kang Sun Ja, berbagi cerita, karena di masa trainee, BTS berlatih di basement tempat restorannya berada.

Tampak depan resto Yoojung Sikdang. (KOREA BOO)
Kang Sun Ja, sang pemilik restoran. (KOREA BOO)

Yup, salah satu saksi mata perjuangan BTS adalah Kang Sun Ja. Ia mengenal BTS jauh sebelum mereka terkenal. Ketika mereka masih trainee, hampir setiap hari selama 2 tahun, BTS makan di restoran milik Kang Sun Ja. Kang Sun Ja mengingat mereka sebagai remaja yang cerdas, sopan dan ramah.

 “Mereka berpengetahuan luas. Tidak banyak orang seusia mereka yang seperti itu. Setiap kali kami bertemu, mereka selalu  menyapa dan saya merasa ada sesuatu yang istimewa tentang mereka. "

Jimin. (KOREA BOO)

Dari 7 anggota, Kang Sung Ja memilih Jimin sebagai anggota yang paling cute. Sementara, ia melihat kualitas kepemimpinan RM sebelum BTS debut. “RM tidak pernah lepas dari handphone-nya, ia melihat penampilan grup lain untuk meningkatkan standar. Saya berpikir, suatu saat ia akan jadi leader, dan itu jadi kenyataan.”

“Ketika saya melihat mereka saling berpelukan dan berlinang air mata di atas panggung setelah konser, saya teringat ketika mereka melakukan hal yang sama pada masa pelatihan, berpelukan dan saling menjaga satu sama lain. Sangat menyentuh. "

RM. (KOREA BOO)

Saking seringnya BTS makan di restoran ini, akhirnya disebutlah tempat ini sebagai “restoran BTS”. Kang Sun Ja menyebut makanan favorit mereka, adalah bibimbap.

“Mereka menyukai bibimbap, yaitu nasi yang dicampur dengan daging. Itulah yang menjadi "Bangtan Bibimbap" nantinya. Selama sekitar 2,5 tahun, mereka datang untuk makan di sini. Pada awalnya, mereka makan dua sampai tiga mangkuk nasi sebelum agensi menerapkan diet untuk mereka. Suga juga sering makan dada ayam, susu dan pisang yang diblender jadi shake. Kadang saya diam-diam memberikan makanan favorit mereka, dan memberi tahu mereka untuk makan dengan benar agar bisa bekerja dengan baik. Bahwa mereka tidak akan tambah gemuk karena mereka bergerak terus”.

Suga. (KOREA BOO)

Kang Sun Ja juga mengungkapkan betapa kerasnya mereka bekerja, dan bagaimana dia merasakan sayang pada mereka seperti orang tua kepada anaknya, ketika mereka muncul di restorannya setelah berlatih selama berjam-jam.

“Keberhasilan mereka bukan hanya keberuntungan semata, tetapi berkat upaya keras mereka. Mereka benar-benar mencurahkan darah dan keringat mereka ke dalam pekerjaan. Kadang-kadang saya merasa seperti orang tua mereka saat melihat mereka. Ketika mereka berlatih sangat keras, mereka akan naik dari studio di lantai bawah dengan kaos dan rambut basah karena keringat. Mereka akan berlatih setiap hari dari pagi hingga jam 10 malam, kadang-kadang mereka berlatih sepanjang malam. Mereka bekerja sangat keras. "

BTS.

“Sekarang setelah mereka mencapai puncak, kurasa anggota BTS melihat ke masa lalu. Jarang bagi orang seusia mereka untuk bekerja sekeras itu. Kebanyakan orang ingin bermain, bergaul dengan teman-teman. Tidak mudah untuk menyerahkan segalanya dan fokus pada satu hal. Dan apa yang mereka raih dari pengorbanan mereka, 100 kali lebih baik. ”

Ketika ditanya lagu yang paling dia suka dari BTS, Kang Sun Ja memilih “Blood, Sweat & Tears”. Alasannya sangat menyentuh, “Liriknya menyentuh hati saya dan saya yakin itu juga menyentuh hati mereka. Ketika toko sepi, saya merasa mereka akan membuka pintu, lalu berteriak, "Imo (bibi), kami lapar". "

BTS.

Kang Sun Ja belum pernah melihat BTS sejak Juli 2017, tetapi dia masih memikirkan mereka. “Saya belum pernah melihatnya sejak sekitar Juli dua tahun yang lalu, ketika Jin datang sendirian. Aku rindu mereka. Mereka akan selalu mendapat tempat di hatiku. Saya ingin tahu apakah mereka baik-baik saja, makan enak di luar negeri. Saya ingin mereka berkunjung lagi. Sungguh, aku tahu. Kapan saja Saya sangat merindukan mereka dan ingin melakukan sesuatu untuk mereka. ”

Suasana di dalam restoran saat ini. (KOREA BOO)

"Kamu tahu, aku tidak benar-benar melakukan banyak hal," katanya, pada akhirnya. “Saya hanya seorang wanita tukang masak yang baru saja melakukan yang terbaik untuk mereka yang tinggal jauh dari orang tua mereka. Saya melakukan pekerjaan saya hampir sebagai orang tua karena saya memiliki anak sendiri. Saya senang mereka tidak melupakan saya. "

KOREA BOO | ALL KPOP

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments