hero
(ANTARA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

15 Februari 2019, 13:35 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

CEO dan Founder Bukalapak, Achmad Zaky menyampaikan permohonan maaf atas cuitannya di twitter yang menuai kecaman dari netizen. “Saya, Achmad Zaky selaku pribadi dan sebagai salah satu pendiri Bukalapak, dengan ini menyatakan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas pernyataan yang saya sampaikan di media sosial,” kata Zaky melalui siaran pers yang diterima redaksi NETZ.  

Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat menghadiri Perayaan HUT ke-9 Bukalapak di Jakarta, Kamis (10/1/2019). (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Kecaman terhadap Zaky bermula pada Kamis malam ketika Zaky mencuit soal biaya riset dan pengembangan Indonesia tahun 2016 untuk menghadapi industri 4.0. Dalam cuitannya tersebut, ia mengatakan Indonesia ada di rangking ke-43 dengan biaya US$2 miliar atau sekitar  Rp2 triliun kalah dengan negara tetangga yaitu Malaysia yang menggelontorkan uang sebesar US$10 miliar atau Rp14 triliun. Lalu, ia menuliskan "Mudah-mudahan presiden baru bisa naikin."

Gara-gara cuitan itulah Zaky kemudian dikecam beramai-ramai oleh netizen. Zaky juga dituding menggunakan data yang tidak akurat. Tak hanya Zaky, aplikasi Bukalapak pun kemudian ikut disasar, ditandai dengan ramainya  tagar #uninstallbukalapak atau ajakan untuk menghapus aplikasi e-commerce ini. Tagar #uninstallbukalapak bahkan menjadi trending topic.

Achmad Zaky saat bersama Menristek Muhammad Natsir meresmikan Artificial Intelligence Research Centre di ITB. (ISTIMEWA)

“Saya sangat menyesali kekhilafan tindakan saya yang tidak bijaksana tersebut dan kiranya mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya,” kata Zaky dalam siaran persnya. Bukalapak menegaskan bahwa cuitan tersebut tidak bermaksud untuk mendukung atau tidak mendukung suatu calon presiden tertentu. Zaky dan Bukalapak juga menyatakan sangat berterima kasih atas kebijakan serta dukungan pemerintah Indonesia yang diberikan selama ini kepada Bukalapak. 

TIM LIPUTAN

9

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments