hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

13 Februari 2019, 08:45 WIB

SOLO, INDONESIA

Jalan-jalan ke tempat baru belum lengkap kalau belum mencoba makanan khasnya. Salah satunya Solo, Jawa Tengah yang punya banyak makanan khas, seperti timlo, sosis solo, hingga surabi. Nah selain aneka makanan ini, Solo juga punya makanan khas lain yang sudah melegenda, yaitu bubur lemu Mbah Mur. Bubur lemu Mbah Mur ini sudah ada lebih dari 50 tahun. Mbah Rujiem, sang penjual, merupakan generasi ketiga yang melanjutkan neneknya berjualan bubur lemu.

Generasi ketiga penjual bubur Lemu di Solo. (CJ IS ARIYANTO)

Bubur atau jenang lemu ini terbuat dari beras dan disajikan bersama lauk sayur sambal goreng atau terik telur. Sayur sambal gorengnya terdiri dari krecek, tahu, dan potongan telur rebus. Selain itu, kamu juga bisa menambah lauk lainnya, seperti sate usus, tahu dan tempe bacem.

Pembeli ramai datang dari berbagai daerah. (CJ IS ARIYANTO)

Bubur lemu disajikan di atas daun pisang yang semakin menambah kenikmatan bubur. Meski tampilannya sederhana, rasanya bubur yang gurih berpadu dengan aneka lauk-pauk, hasilkan harmoni rasa yang enak banget.

Harmoni rasa yang khas, bikin ketagihan. (CJ IS ARIYANTO)

Selain bubur lemu, kamu juga bisa menikmati jenang sum sum dan ketan juruh yang enggak kalah enak. Harganya pun murah meriah. Untuk satu porsi bubur lemu dengan telur kamu cukup membayar Rp 7.000, Kalau tanpa telur cukup Rp 6.000 saja.

Warung jenang lemu Mbah Mur berlokasi di dekat SMK 3 Solo dan buka setiap hari dari pukul 6 sore hingga 12 malam.

NET CJ IS ARIYANTO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments