hero
(KylianMbappe)

EDITOR : VANNICO SOEKARNO

13 Februari 2019, 17:44 WIB

INGGRIS

Kylian Mbappe mungkin baru berusia 20 tahun, tapi setelah golnya melawan Manchester United, wonderkid Perancis ini telah cetak banyak gol di Champions League seperti legenda Ronaldo Nazario dan Zinedine Zidane.

Mbappe cetak gol ke-2 kemenangan PSG atas MU di Old Trafford. (PSG)

Mbappe cetak gol kedua setelah Presnel Kimpembe membuka keunggulan dalam kemenangan PSG 2-0 atas MU di Old Trafford pada Rabu (13/02). Satu gol tambahan tersebut cukup membuatnya jadi pemain ketiga yang mampu cetak gol dalam 3 laga tandang beruntun melawan klub Inggris di UCL, sekaligus menyamai pencapaian Luis Enrique dan Edin Dzeko.

Gol tandang pertama tercipta saat ia masih berseragam AS Monaco. Saat itu, ia cetak satu gol ketika Monaco kalah 3-5 dari Manchester City di leg pertama 16 besar UCL 2016-2017.

Gol tandang kedua terjadi saat ia cetak satu gol ketika PSG kalah 2-3 dari Liverpool pada matchday pertama Grup C Champions League 2018-2019.

Kini ia telah cetak 23 gol dan 14 assist di semua kompetisi musim ini, 4 gol diantara tercipta di UCL. Secara keseluruhan ia telah cetak 14 gol dari 24 laga di Champions League. Hebatnya, 10 dari 14 gol tersebut tercipta di laga tandang. Dengan kata lain, 71% gol-golnya di UCL lahir di kandang lawan. Catatan tersebut merupakan rasio tertinggi di kompetisi ini dibandingkan pemain-pemain lain yang sudah mencetak 10 gol atau lebih.

Jumlah tersebut menyamai catatan legenda Brasil, Ronaldo Luiz Nazario de Lima dan Zinedine Zidane. Istimewanya lagi, Mbappe mencapainya hanya dalam 3 musim. Sementara Il Phenomenon menorehkannya dalam 7 musim dari 1998 hingga 2007. Sedangkan Zizou, catat 14 gol dari musim 1996 hingga 2004.

Jumlah gol mantan pemain AS Monaco di UCL ini juga melewati pemain bintang lainnya seperti Harry Kane (13 gol), Radamel Falcao, Alexis Sanches dan Roberto Firmino (semuanya 12 gol), serta Paulo Dybala (11 gol). Ia juga melangkahi Eden Hazard dengan 8 gol.

 

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments