hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

11 Februari 2019, 08:45 WIB

INDONESIA

Banyak mitos dan fakta yang beredar terkait masalah kesehatan. Mana yang baik dan buruk, harus dipilah sebijak mungkin untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Namun, ada beberapa fakta kesehatan yang enggak banyak orang tahu. Ini dia beberapa diantaranya:

1. Menggigil saat kedinginan membantu menurunkan berat badan

Para ilmuwan dari Garvan Institute of Medical Research di Sydney menemukan fakta bahwa 10 menit menggigil kedinginan, membakar lebih banyak lemak daripada satu jam latihan. Ini adalah temuan baru yang dibangun berdasarkan penelitian sebelumnya tentang apa yang disebut lemak coklat, sejenis jaringan lemak yang pada dasarnya membakar energi, alih-alih menyimpannya.

2. Tidak sarapan tidak menyebabkan masalah kesehatan

Enggak sarapan, enggak masalah. (BRIGHTSIDE)

Pada tahun 1944, sebuah perusahaan yang memproduksi makanan sarapan bernama General Foods, memulai kampanye PR yang agresif. Untuk meningkatkan penjualan sereal mereka, toko mereka memberi selebaran kepada klien untuk memberi tahu betapa pentingnya sarapan. Di radio sering terdengar kata-kata seperti, "Ahli gizi mengklaim bahwa sarapan adalah makanan yang paling penting pada hari itu."

Jadi, sereal adalah makanan sarapan paling populer dan para ahli yang berbeda terus mengatakan bahwa setiap orang harus sarapan. Tetapi penelitian medis telah menunjukkan bahwa melewatkan sarapan tidak menyebabkan masalah kesehatan dan tidak berpengaruh pada penurunan atau kenaikan berat badan. Pesan ini sebenarnya hanya mitos.

3. Wanita membutuhkan lebih banyak tidur daripada pria

Wanita butuh tidur lebih lama dari pria. (BRIGHTSIDE)

Para peneliti dari Universitas Duke telah menemukan bahwa, tidak seperti pria, wanita membutuhkan lebih banyak tidur. Ternyata, jika wanita tidak cukup tidur, kemampuan fisik dan mental mereka akan jadi korban. Karena kurang tidur, wanita cenderung lebih sering jadi depresi dan mudah jengkel di pagi hari.

4. Beradu kepalan tangan jauh lebih aman daripada jabat tangan

Para peneliti dari Universitas Aberystwyth di Britania Raya menyimpulkan bahwa jabat tangan dapat memindahkan 40% lebih banyak kuman daripada beradu kepalan tangan. Bahkan tos-tosan juga lebih aman daripada jabat tangan. 

5. Sarapan dengan pizza lebih sehat daripada sereal

Sarapan pizza lebih sehat dari sereal. (BRIGHTSIDE)

Banyak orang berpikir bahwa pernyataan ini tidak masuk akal, tetapi pada kenyataannya, makan pizza untuk sarapan lebih sehat daripada makan sereal. Ahli gizi terkenal Amerika, Chelsey Amer, mengklaim bahwa pizza mengandung lemak, karbohidrat, dan protein yang akan membantu merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama, daripada jika makan sereal dengan susu. Selain itu, sereal juga mengandung karbohidrat dan gula.

Meski sudah tahu fakta-fakta ini, bukan berarti tiap hari boleh sarapan pizza ya. Terus menerus makan sereal untuk sarapan juga tidak baik.

BRIGHTSIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments