hero
(NET/Mohammad Mahrus)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

6 Februari 2019, 19:35 WIB

JAWA TIMUR, INDONESIA

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan panen raya jagung di Dusun Mendo, Desa Mojorejo, Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Rabu siang. Pada panen raya tersebut, Amran didampingi Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Viva Yoga Mauladi dan Wakil Bupati Lamongan, Kartika Hidayati.

Usai memanen jagung di lahan seluas 400 hektar ini, Amran juga mengatakan bahwa pemerintah optimis akan mengukir sejarah baru dengan mengekspor jagung lantaran produksi komoditas ini melimpah. Amran pun menguraikan data-data pencapaian Indonesia ini. “2014 kita impor 3,53 juta ton, 2015 impor kita turun 1,3 juta ton, 2016 turun, 2017 pemerintah tidak ada impor jagung, 2018 kita ekspor 380 ribu ton dan kita impor 100 ribu ton, artinya surplus,” papar Amran.

Amran menambahkan bahwa nilai ekspor jagung Indonesia ini sangat menjanjikan. “Hari ini sudah kita tunjukan kepada dunia bahwa kita sudah bisa ekspor, membalik dari impor menjadi ekspor. Nilainya itu tidak kecil, kurang lebih 10 triliun, kalau dikali tiga tahun itu 30 triliun dan itu kerja keras kita semua,” lanjut Amran.

Panen raya jagung di Lamongan yang dihadiri Menteri Pertanian Amran Sulaiman. (NET/Mohammad Mahrus)

Sementara itu, menurut Wakil Bupati Lamongan, Kartika Hidayati, stok jagung di Lamongan saat ini cukup melimpah yaitu hampir 600 ribu ton dan harganya relatif stabil antara Rp. 3.400 hingga Rp. 4.600 ribu sehingga perlu dipertahankan agar tidak ada yang dirugikan. 

“Jagung kita bagus ya, per tahun hampir 600 ribu ton, sepertinya itu jumlah tertinggi di Jawa Timur sebagai lumbung pangan nasional termasuk Lamongan ini, harganya cukup bagus, maka itu yang harus kita pertahankan,” tukas Kartika.

Dengan melimpahnya jagung di Indonesia pada tahun ini, pemerintah ke depan berencana meningkatkan terus ekspor jagung sehingga tidak perlu lagi impor.

MOHAMMAD MAHRUS 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments