hero
(ANTARA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

6 Februari 2019, 17:50 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah merilis daftar calon anggota legislatif mantan terpidana kasus korupsi. Dari data yang dirilis KPU akhir bulan lalu terdapat 49 nama caleg eks terpidana kasus korupsi pada Pemilu 2019. Para caleg mantan napi korupsi ini terbagi mulai dari caleg DPD, DPRD Provinsi, hingga DPRD Kabupaten atau Kota. 

Namun keputusan yang diambil KPU mendapat tentangan dari salah satu mantan terpidana kasus korupsi yaitu Wakil Ketua DPRD DKI, Muhammad Taufik yang pernah terjerat kasus korupsi pada tahun 2004. Ketua DPD Gerindra DKI ini juga menganggap hal itu tak perlu dilakukan KPU.

“Pertama KPU lebay kalau menurut saya, mending KPU ngurus DPT, ngurusin kasusnya Osman Sapta, ngurusin orang gila, ngurusin debat, jauh lebih baik ke sana daripada urusin ini,” kata Taufik.

Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik (tengah) usai mengikuti rapat internal di kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara, Jakarta, Rabu (8/8). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Taufik juga mempertanyakan peraturan yang melandasi langkah KPU ini. “Kalau saya sih ingin mengatakan aturannya yang enggak ada. Apa yang dilakukan oleh KPU aturannya enggak ada. Sesuatu yang tidak didasari dengan aturan-aturan menurut saya tidak perlu dilakukan oleh KPU,” lanjut politikus Partai Gerindra ini. 

Berdasarkan pasal 182 dan pasal 240 UU nomor 7 tahun 2017, caleg mantan terpidana korupsi diharuskan mengumumkan statusnya secara terbuka ke publik. Ketua KPU Arief Budiman telah mengumumkan calon legislatif dengan status mantan terpidana korupsi di kantor KPU, Jakarta, Rabu 30 Januari 2019 lalu. Dalam data yang dihimpun KPU dari seluruh calon legislatif terdapat 49 orang berstatus mantan terpidana korupsi dengan rincian sembilan orang calon DPD, 16 orang calon DPRD Provinsi dan 24 orang calon DPRD Kabupaten/Kota.

HAEKAL ALIF | ANDRE SAPUTRA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments