hero
(HazardBersaudara)

EDITOR : VANNICO SOEKARNO

6 Februari 2019, 15:43 WIB

INGGRIS

Akhir pekan lalu merupakan hari baik bagi Hazard bersaudara, dimana Eden dan Thorgan memegang peran penting dalam menentukan kemenangan tim mereka masing-masing. Eden cetak dua gol untuk Chelsea saat mengalahkan Huddersfield 5-0 di Stamford Bridge. Sementara sang adik cetak dua assist saat Monchengladbach kalahkan tuan rumah Schalke 2-0. Sosok keduanya vital, dimana Chelsea kembali masuk 4 besar Premier League dan Monchengladbach lewati Bayern Munchen dengan menempati posisi 2 di Bundesliga.

Pada dua laga tadi menunjukkan bahwa Hazard bersaudara sukses memamerkan keterampilannya dalam menggiring bola. Eden menyelesaikan 12 drible lawan Huddersfield, melebihi pemain lain di Premier League musim ini. Selanjutnya, Thorgan tak mau kalah dengan menyelesaikan 11 drible musim ini. Skill Eden tersebut tentu bukan hal mengejutkan, justru lebih mengesankan ditunjukkan oleh Thorgan dimana ia seakan mampu menyamai level sang kakak.

Chelsea membeli Thorgan dari Lens pada 2012 beberapa minggu setelah mereka membeli Eden dari Lille. Kepindahan dua pemain tersebut sempat menghebohkan. Saat itu Thorgan hanya seorang remaja dan belum diidentifikasi sebagai bintang potensial seperti saudaranya yang sudah tak diragukan lagi untuk menetap di London. Kalah bersaing dengan Eden, Thorgan kemudian dipinjamkan ke Belgia. Keputusan Chelsea tepat, Thorgan tampil mengesankan bersama Zulte Waregem di Liga Pro Belgia, sebelum dimpinjamkan ke Borussia Monchengladbach.

Musim pertama Thorgan di Bundesliga sudah cukup untuk menunjukkan bahwa ia akan bersinar. Meski baru tampil 7 kali sebagai starter dari 28 penampilan di liga, Thorgan telah mencetak 7 gol, 1 assist setiap 129 menit dan sudah cukup bagi Monchengladbach untuk mendapatkannya sebesar 7.2 juta pound atau sekitar Rp 130 miliar. Sementara Chelsea mendapatkan pemain sayap ini sebesar  450 ribu pound tiga tahun sebelumnya atau mendapat keuntungan 1.500%. Tentu ini jadi bisnis yang hebat bagi Chelsea meski tahun ini harganya meroket.

Pengaruh Thorgan meningkat setiap musimnya di Jerman dan ia sekarang menjadi bintang di lapangan dan siap memberi kejutan bagi Monchengladbach untuk raih gelar. Rata-rata menit bermainnya juga meningkat tiap tahun dari 32,3 di 2014-2015 menjadi 89,6 musim ini dan begitu pula dampak terhadap permainannya. Sementara Eden telah menunjukkan kualitasnya sejak dini, Thorgan telah bekerja keras dan meningkat seiiring waktu.

Sejauh ini Thorgan telah mengatasi sejumlah rintangan dalam karirnya. Masa pinjaman tidaklah mudah bagi pemain muda karena ia melewatkan setengah dari musim 2016-2017 dengan cedera. Ia juga kerap diminta bergerak lebih banyak tanpa bola daripada sang kakak, Eden, yang cenderung bebas dari tugas bertahan. Alhasil, pemain Chelsea tersebut unggul di sebagian statistik menyerang musim ini terutama jumlah gol. Eden cetak 12 dan 10 assist gol di Premier League, Thorgan 9 gol dan 8 assist di Bundesliga.

Meski demikian, Thorgan telah membuat langkah besar musim ini. 9 golnya di Bundesliga berasal dari tembakan yang lebih sedikit atau ia memiliki tingkat konversi lebih tinggi. Thorgan cetak gol 20,5% dari tembakannya, sementara Eden 18,5% dari tendangannya. Urusan menggiring bola, meski tidak sesering dan selancar kakaknya, Thorgan meningkat secara substansial dan ia melakukan semua ini sambil membuat lebih banyak tekel dan intersepsi dari kakaknya. Jika tanggung jawab dalam bertahan berkurang, mungkin Thorgan akan lebih efektif dalam menyerang.

Thorgan masih tak sekuat Eden yang sering kehilangan bola di sepertiga akhir laga, namun ia masih bisa berkembang. Jika Eden meninggalkan Satmford Bridge, Thorgan jadi salah satu kandidat tepat untuk menggantikannya. Kehilangan Hazard dan memunculkan Hazard lain bisa jadi solusi The Blues.

 

THEGUARDIAN | WHOSCORED

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments