hero
(Pinterest)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

27 Januari 2019, 15:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Di zaman sekarang ini, punya tato memang enggak selalu identik dengan pelaku kriminal saja. Tato kini sudah berubah menjadi sebuah seni yang dianggap bisa mewakili jati diri seseorang. Meski begitu, tato rupanya masih memiliki sejumlah dampak negatif bagi perilaku dan kesehatan manusia. 

Dilansir dari laman Daily Mail pada 25 Januari 2019, sebuah studi yang dirilis oleh University of Rochester Medical Center, Amerika Serikat, mengungkapkan jika orang-orang yang memiliki tato lebih cenderung berperilaku negatif seperti merokok, masuk penjara, dan berganti-ganti pasangan.

Enggak cuma berdampak negatif bagi perilaku penggunanya, orang yang menggunakan tato cenderung lebih rentan terganggu kesehatan mentalnya dan mengalami gangguan tidur. Hasil penelitian serupa juga ditemukan oleh sejumlah peneliti di Univeristy of Miami, Amerika Serikat. Bahkan pada tahun 2016 lalu, para peneliti ini telah melalukan survei pada sejumlah orang dewasa yang memiliki tato.

(aliexpress)

"Penelitian sebelumnya telah membentuk hubungan antara memiliki tato dan terlibat dalam perilaku berisiko," ujar Dr Karoline Mortensen, seorang profesor manajemen kesehatan dan kebijakan di Univeristy of Miami.

Saat dilakukan survei, sejumlah responden bertato mengaku lebih sering merokok dan berganti-ganti pasangan dibandingkan orang yang tidak menggunakan tato. Mereka juga mengaku jadi lebih mudah stres, mengalami gangguan kesehatan mental, dan kesulitan untuk tidur dengan baik.

"Meski sekarang popularitas tato sedang meningkat saat ini, kami menemukan jika pengguna tato baik pria atau wanita memiliki kondisi kesehatan yang lebih rendah dan lebih rentan terkena penyakit." tutupnya.

DAILY MAIL

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments