hero
(NET)

EDITOR : ALBERT WILLIANCOEN

23 Januari 2019, 00:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Lembaga Pemasyarakatan Kelas Satu Cipinang pastikan terpidana kasus penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama (BTP) bebas pada hari Kamis, 24 Januari 2019 mendatang. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini dipastikan bebas setelah menjalani masa hukuman selama satu tahun delapan bulan lima belas hari. BTP sendiri akan menghirup udara bebas setelah menjalani masa hukumannya dari dalam Rutan Mako Brimob Depok.

Kalapas Cipinang Andika Dwi Prasetya dalam keterangan persnya di Lapas Cipinang, Jakarta Timur, Selasa malam (22/1). (NET/Rendianto)

"Selama menjalani masa tahanan Ahok mendapat remisi 3 bulan 15 hari, remisi natal 15 hari 2017, remisi umum 17 agustus 2 bulan dan remisi Natal 2018 1 bulan," ujar Kalapas Cipinang Andika Dwi Prasetya dalam keterangan persnya di Lapas Cipinang, Jakarta Timur, Selasa malam, 22 Januari 2019.

Andika menambahkan bahwa selama masa tahanan, BTP tidak mengambil remisi seperti mengunjungi keluarga juga pembebasan bersyarat atau cuti menjelang bebas. BTP menjalani masa tahanannya hingga jatuh tempo pada 24 Januari 2019 mendatang dan akan dibebaskan di lokasi dimana ia menjalani masa hukumannya yakni di Mako Brimob. "Keputusan pembebasan tersebut adalah sesuai dengan ketetapan," tambahnya.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (kedua kanan) selaku terpidana kasus penistaan agama menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (9/5). Majelis Hakim memvonis Ahok dengan hukuman dua tahun penjara karena terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar hukum, sementara itu Ahok bersama kuasa hukumnya bakal mengajukan banding atas putusan tersebut. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sebelumnya Basuki Tjahaja Purnama divonis dua tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada 9 Mei 2016 lalu. BTP terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar pasal 156 KUHP tentang penistaan agama.

RENDIANTO

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments