EDITOR : FIRZA ARIFIEN

21 Januari 2019, 10:15 WIB

JERMAN

Kadal raksasa berusia sekitar 300 juta tahun atau dipercaya ilmuwan hidup sebelum zaman Dinosaurus dihidupkan kembali sebagai robot. Mereka membangkitkan lagi nenek moyang kadal tersebut dengan metode “Hollywood-style Techniques”, salah satunya menggunakan teknik animasi yang mirip seperti pembuatan Troll dan Orc dalam film 'The Lord of The Rings', serta sosok naga di 'Game of Thrones'. Cara tersebut digunakan mereka untuk mendapatkan informasi baru tentang makhluk yang diberi nama ‘OroBOT’ tersebut.

Fosil kadal raksasa berusia sekitar 300 juta tahun. (THE SUN)

Para ilmuwan menggunakan fosil kadal purba sepanjang 1,5 meter untuk dijadikan robot melalui teknik pemindaian digital. Hasilnya ‘OroBOT’ mirip seperti buaya dan hanya memiliki bobot 5 kilogram atau sekitar berat bayi manusia.

“Hampir 300 juta tahun, Orobot yang sudah punah jadi kunci untuk memahami bagaimana vertebrata darat tersebut berevolusi,” sebut Dr John Nyakatura dari Universitas Berlin.

Jejak kaki kadal raksasa berusia sekitar 300 juta tahun. (THE SUN)

Menurut Nyakatura, seorang insinyur biomekanik, ‘OroBOT’ akan jadi petunjuk bagaimana hewan tersebut mampu hidup di air hingga bertelur di darat. Tim ilmuwan juga dikejutkan tentang bagaimana cara berjalan kadal tersebut melalui simulasi komputer setelah mencocokkan fosil dengan jejak kaki. Hasilnya, kadal tersebut mampu berjalan lebih tegak dan lurus daripada prediksi sebelumnya.

Para ilmuwan sepakat, studi pertama ini jadi awal yang baik untuk menghidupkan kembali makhluk hidup yang sudah punah lainnya seperti Mammoth, tentu dengan cara yang sama, yaitu sebagai robot.

Robot kadal raksasa berusia sekitar 300 juta tahun. (THE SUN)

VANNICO SOEKARNO | THE SUN | THE VERGE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments