hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

18 Januari 2019, 08:45 WIB

INDONESIA

Lebih dari 80 persen perempuan punya masalah selulit. Meskipun bukan kondisi medis yang serius, penampakan selulit mengganggu kemulusan kulit. Nah, untuk meminimalisir selulit, bisa dilakukan dengan olahraga. Otot yang kuat dan sirkulasi darah yang baik di tempat yang terkena selulit, bisa mengurangi penampakan selulit. Caranya juga simpel, yang penting kamu melakukannya dengan rutin!

Posisi Kaki Kupu-kupu

BRIGHTSIDE

Posisi awal: Berbaring telentang dan letakkan kedua tangan di samping tubuh. Satukan kedua telapak kaki, hingga posisi kaki serupa sayap kupu-kupu.

  • Kontraksikan otot perut dan otot kaki.
  • Pertahankan lengan di lantai, angkat kaki ke atas.
  • Tahan selama 4-5 detik, lalu lepaskan otot dan perlahan kembali ke posisi awal.
  • Ulangi 15-20 kali.

Peluk Lutut ke Dada

BRIGHTSIDE

Posisi awal: Berbaring telentang, posisi kaki lurus dan lengan di samping tubuh.

  • Angkat kedua kaki dan tekuk lutut ke arah dada.
  • Peluk kaki dengan meletakkan tangan tepat di bawah lutut.
  • Tarik lutut perlahan ke dada untuk meningkatkanperegangan.
  • Tahan selama 4-5 detik, lalu kembali ke posisi awal.
  • Ulangi 10-15 kali

Single Leg-brigde

BRIGHTSIDE

Posisi awal: Berbaring telentang,  lutut ditekuk selebar pinggul, kaki rata di lantai, dan lengan di samping tubuh.

  • Angkat kaki kiri dan luruskan.
  • Jaga agar kaki kiri tetap lurus, angkat pinggul dan hingga serupa jembatan. Paha harus membentuk garis lurus dengan tubuh bagian atas.
  • Tahan selama 20-30 detik, lalu perlahan kembali ke posisi awal.
  • Ulangi 8-12 kali pada setiap kaki.

Wall Sit

ANYTIME FITNESS

Posisi awal: Berdiri dengan punggung menempel ke dinding, letakan kaki selebar bahu.

  • Jaga punggung agar menempel ke dinding, gerakkan kaki ke depan sekitar s1 meter dari dinding.
  • Geser punggung ke bawah,  tekuk lutut hingga mencapai sudut 90 derajat. Pastikan lutut tepat di atas pergelangan kaki.
  • Tahan posisi ini selama 30-60 detik, lalu luruskan kaki dan kembali ke posisi awal.
  • Ulangi 10 kali.

Side Lunges

BRIGHTSIDE

Posisi awal: Berdiri dengan kedua kaki dibuka lebih lebar dari bahu. Pastikan kedua ujung kaki mengarah ke depan.

  • Ambil langkah besar ke kanan.
  • Perlahan geser berat badan ke kaki kanan dengan menekuk lutut kanan hingga mencapai sudut 90 derajat. Jaga agar kaki kiri tetap lurus.
  • Kembali ke posisi awal dan lakukan gerakan serupa untuk kaki kiri.
  • Ulangi 8-12 kali untuk setiap kaki.

Downward Dog-split

Posisi awal: Letakkan kedua tangan di lantai selebar bahu, angkat bokong ke atas, posisi kaki lurus. Telapak tangan dan kaki harus menapak di lantai.

  • Tarik napas dan rentangkan kaki kanan ke atas sehingga kaki dan tubuh bagian atas sejajar.
  • Buang napas dan kembali ke posisi awal.
  • Ulangi 8-10 kali untuk masing-masing kaki.

Gerakan Kaki Melingkar

BRIGHTSIDE

Posisi awal: Berbaring dengan kaki lurus dan letakkan lengan di samping tubuh dengan telapak menghadap ke bawah.

  • Jaga agar kaki kiri tetap rata di lantai, angkat kaki kanan ke atas.
  • Perlahan mulai buat lingkaran dengan kaki kanan. Pastikan kedua kaki tetap lurus.
  • Balikkan arah lingkaran dan terus lakukan gerakan.
  • Ulangi 5-8 lingkaran untuk setiap arah dan masing-masing kaki.

Lakukan gerakan-gerakan ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tubuh makin sehat, selulit juga menghilang.

BRIGHTSIDE | HEALTH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments