hero
Bayu Aji Gumawang sedang melukis di atas talenan. (NET.CJ/Septian Eko Wahyudi)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

16 Januari 2019, 06:05 WIB

KAB. BOYOLALI, INDONESIA

Melukis di atas kanvas sih sudah biasa, tapi kalau melukis diatas kayu dan talenan itu baru luar biasa. Yup, inilah yang dilakukan oleh seorang seniman asal Desa Kenteng, Boyolali, Jawa Tengah, yang bernama Bayu Aji Gumawang.

Berbekal potongan kayu dan talenan, beragam lukisan Bayu yang terdiri dari potret wajah hingga siluet yang indah berhasil dibuat. Enggak cuma sebagai pajangan saja, hasil karya seni Bayu ini juga biasa digunakan sebagai suvenir pernikahan, kado wisuda, kado ulang tahun, dan lain sebagainya.

(NET.CJ/Septian Eko Wahyudi)

Untuk pemilihan bahan baku, Bayu memilih kayu dengan tekstur empuk seperti kayu jenis belina. Sedangkan untuk melukis pirografi, Bayu memilih menggunakan kayu mahoni, akasia, dan jati. Nah, urusan kalau urusan warna Bayu mengaku menggunakan cat tembok yang sudah dimodifikasi sendiri.

"Untuk penggunaan catnya, biasanya saya menggunakan cat tembok. Tapi cat itu saya campur dengan bahan-bahan sendiri supaya kualitasnya tetap awet. Selain itu kayunya kita juga amplas halus supaya kualitasnya semakin bagus," ujar Bayu.

(NET.CJ/Septian Eko Wahyudi)

Dalam sehari, Bayu mampu memproduksi hingga 5 lukisan. Ada dua jenis lukisan yang diproduksi Bayu, yakni lukisan cat dan lukisan pirografi atau melukis menggunakan solder. Satu lukisan hitam putih di atas media telenan, Bayu menjualnya dengan harga Rp50 ribu.

Sedangkan untuk lukisan yang berwarna, ia menjualnya dengan harga Rp80 ribu. Dan untuk lukisan pirografi, Bayu menjualnya dengan harga yang lebih tinggi dengan harga Rp150 ribu sampai Rp200 ribu tergantung ukuran.

(NET.CJ/Septian Eko Wahyudi)

Bayu sendiri sudah mulai merintis usaha lukisan ini sejak tahun 2015. Kini seiring berjalannya waktu, usaha lukisan milik Bayu sudah berkembang pesat bahkan pemasarannya sudah merambah hingga ke mancanegara loh.

NET.CJ SEPTIAN EKO WAHYUDI

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments