hero
(NET/Sigit Pamungkas)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

15 Januari 2019, 19:15 WIB

YOGYAKARTA, INDONESIA

Musisi hip-hop Kill The DJ, Marzuki Mohamad melaporkan dua akun media sosial ke Polda DIY, Selasa siang. Dua akun itu dilaporkan karena mengunggah video penggalan lagu Jogja Istimewa ciptaannya yang liriknya diubah menjadi dukungan terhadap pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

Penggalan video yang diunggah di media sosial twitter dan instagram milik akun cakkhum memperlihatkan video berdurasi 39 detik. Disitu para emak-emak menyanyikan penggalan lagu Jogja Istimewa yang liriknya diubah menjadi dukungan untuk Prabowo-Sandi.

Akun medsos yang diadukan ke polisi oleh Marzuki Mohamad. (INSTAGRAM)

Marzuki ditemani kuasa hukum dan rekan-rekannya melaporkan hal tersebut ke sentra pelayanan kepolisian terpadu. Dua akun tersebut dilaporkan dengan sangkaan pelanggaran Undang-undang Hak Cipta dan Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). 

Pada pelaporan ini, Marzuki juga menyertakan bukti berupa file video Jogja Istimewa yang sudah diubah liriknya serta dokumen bukti hak cipta lagu Jogja Istimewa ciptaanya. “Itu sekaligus akan menjadi pendidikan bahwa ada hak-hak kekayaan intelektual dari seorang seniman yang harus tetap dijaga dan itu memang semua lagu-lagu terdaftar jadi kalau ada apa-apa ya pasti harusnya minta ijin dulu terhadap pemilik copy right-nya,” ujar Marzuki.

Surat pengaduan yang dikeluarkan oleh polisi. (NET/Sigit Pamungkas)

Marzuki melaporkan akun tersebut ke Polda DIY karena tak ingin lagu ciptaannya digunakan untuk kepentingan politik. Tak hanya itu, jika tak ada itikad baik pemilik akun untuk meminta maaf ataupun menghapus video membuatnya melaporkan plagiat tersebut. “Ya kan ada watermark akun yang menyebarkan, ya yang menyebarkan pertama kali itu yang saya laporkan,” kata Marzuki.

Pelaporan ini akan didalami oleh Tim Reserse Kriminal Khusus Polda DIY untuk mengetahui ada tidaknya kesalahan yang ada pada video tersebut.

SIGIT PAMUNGKAS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments