hero
(DISALAMBAIR 1)

EDITOR : ALBERT WILLIANCOEN

14 Januari 2019, 19:23 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Hari ketujuh pencarian kotak hitam kedua dari pesawat Lion Air JT-610 tujuan Jakarta - Pangkal Pinang yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, tim penyelam Koarmada Satu berhasil menemukan Cockpit Voice Recorder (CVR). Sedikitnya 4 penyelam diturunkan pada hari Senin pagi, 14 Januari 2019 dan menemukan keberadaan CVR tersebut sekitar pukul 8:45 WIB pada kedalaman 35 meter. 

 Dantim Penyelam Dislambair Satu Kapten Laut (T) Iwan Churniawan saat berikan keterangan pers pada awak NET di atas KRI Spica, Senin (14/1). (NET/Andre Saputra)

"Karena hari terakhir kan ya, jadi kita optimalkan di titik koordinat yang telah ditentukan dari tiga hari yang lalu difokuskan kesitu. Alhamdulillah hasilnya maksimal," ujar Dantim Penyelam Dislambair Satu Kapten Laut (T) Iwan Churniawan di atas KRI Spica, Senin, 14 Januari 2019.

Serda Satria Margono, penemu CVR Lion Air JT-610 di atas KRI Spica. (NET/Andre Saputra)

Iwan menambahkan bahwa tim penyelamnya mengalami kendala rendahnya visibility yang hanya 1,5 hingga 2 meter sebelum akhirnya berhasil menemukan posisi CVR pada titik yang telah ditentukan. "Iya warna oranye, serpihan pesawat nancap kedalam kira-kira 20 sentimeter," ujar Serda Satria Margono, penemu CVR Lion Air JT-610 di atas KRI Spica.

Petugas menunjukkan kondisi bagian kotak hitam (black box) berisi Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Lion Air bernomor registrasi PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610 yang telah ditemukan oleh Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada I di KRI Spica-934 , perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (14/1/2019). Bagian dari kotak hitam tersebut diserahkan ke pihak KNKT untuk dilakukan investigasi lebih lanjut. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Selanjutnya Cockpit Voice Recorder (CVR) ini akan dibawa ke Jakarta menggunakan KRI Todak sebelum diserahkan ke KNKT untuk diinvestigasi.

NOVITA SARI TAN | ANDRE SAPUTRA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments