hero

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

10 Januari 2019, 15:25 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Tokopedia, perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia, mengumumkan masuknya mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo sebagai Komisaris Utama. Hal ini disampaikan oleh CEO sekaligus Co-Founder Tokopedia William Tanuwijaya dalam siaran pers tertulis yang diterima redaksi NET.Z.

 “Pengalaman dan kearifan Pak Agus Martowardojo akan sangat berharga dalam membina para pemimpin dan institusi Tokopedia untuk menjadi perusahaan teknologi kelas dunia,” tulis Willam. Menurut William, kehadiran Agus Martowardojo akan memperkuat momentum kinerja perusahaan yang tengah memasuki tahun ke-10 mewujudkan misi pemerataan ekonomi digital.

CEO Tokopedia William Tanuwijaya (kiri) dan Komisaris Utama Tokopedia Agus Martowardojo (kanan). (ISTIMEWA)

Agus Martowardojo dikenal mempunyai reputasi panjang di dunia perbankan dan pemerintahan. Merintis karir sebagai bankir, Agus pernah menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri periode 2005-2010. Agus kemudian masuk kabinet di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Menteri Keuangan periode 2010-2013. Agus lalu masuk ke bank sentral menduduki posisi puncak sebagai Gubernur BI periode 2013-Mei 2018.  

Agus kini bergabung dengan Tokopedia ketika perusahaan teknologi tersebut memasuki fase pertumbuhan baru dan tengah mengembangkan ekosistemnya menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS) untuk memberdayakan dan memperkuat perekonomian Indonesia secara inklusif, baik online maupun offline.

Komisaris Utama Tokopedia Agus Martowardojo. (ISTIMEWA)

“Saya melihat Tokopedia sangat konsisten memberdayakan masyarakat melalui teknologi, sehingga ekonomi Indonesia dapat terus tumbuh secara kuat, seimbang dan berkesinambungan. Saya senang dapat bergabung dengan Tokopedia dan mengkontribusikan pengalaman saya untuk mendukung  cita-cita perusahaan dalam mendorong pengembangan ekonomi yang inklusif,” tulis Agus Martowardojo.

Sederet penghargaan pernah diterima oleh Agus Martowardojo, antara lain sebagai: Gubernur Bank Sentral Terbaik se-Asia Pasifik dari majalah Global Markets (EuroMoney) pada tahun 2017; Finance Minister of the Year untuk Asia Pasifik dari The Banker (Financial Times) pada tahun 2012; dan Asia’s Best Executive dari AsiaMoney pada tahun 2006.

TIM LIPUTAN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments