hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

27 Mei 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Nyeri perut adalah salah satu masalah kesehatan yang umum dialami seseorang dari waktu ke waktu. Ada beragam alasan berbeda untuk rasa sakit di perut. Oleh karena itu penting untuk mengidentifikasi masalah dengan benar agar dapat mengobatinya sebaik mungkin.

Nah, coba deh perhatikan ‘peta perut’ berikut ini. Supaya bisa mengetahui penyebab nyeri perutmu selanjutnya.

1Perut kanan atas

Perut kanan atas. (BRIGHTSIDE)

Pada bagian perut ini terdapat empedu dan hati. Sehingga penyebab paling umum rasa sakit di daerah ini biasanya berhubungan dengan organ-organ tersebut. Berikut yang harus kamu perhatikan:

-Jika kamu mengalami rasa sakit yang tiba-tiba dan parah yang menjalar ke bahu kanan. Dan, muncul setelah makan makanan berlemak yang berat, kamu mungkin menderita batu empedu.

-Nyeri tajam atau kram tumpul yang menyebar ke bahu kanan atau belakang dan berlangsung selama beberapa jam dapat mengindikasikan kolesistitis atau radang kandung empedu.

-Rasa nyeri tumpul maupun tajam yang datang dan pergi pada area ini bisa jadi menunjukkan kamu menderita hepatitis, suatu kondisi peradangan hati.

2Perut tengah atas

Perut tengah atas. (BRIGHTSIDE)

Bagian perut ini termasuk duodenum, bagian pertama usus halus, dan sebagian besar pankreas. Berikut yang harus diperhatikan.

-Kalau kamu sering mengalami rasa sakit yang menjalar ke punggung dan diperburuk dengan makanan yang tinggi lemak, ini mungkin merupakan tanda pankreatitis.

-Nyeri yang hebat di daerah ini disertai mual, muntah, diare, dan pembengkakan perut mungkin disebabkan oleh hernia epigastrium.

-Perasaan terbakar di dada bersama dengan gejala seperti batuk, sakit tenggorokan, rasa asam di mulut, gas yang berlebihan, mual, muntah, dan kembung biasanya menunjukkan mulas atau dispepsia.

-Jika kamu menderita mulas yang memburuk ketika membungkuk atau berbaring bersama dengan nyeri dada dan sendawa, mungkin kamu menderita hernia hiatal.

-Nyeri yang menjadi lebih buruk saat makan atau di tengah malam, serta dapat dikurangi dengan makan mungkin merupakan gejala dari ulkus duodenum.

3Perut kiri atas

Perut kiri atas. (BRIGHTSIDE)

Bagian terbesar dari perutmu terkonsentrasi di area perut kiri atas ini. Sehingga setiap rasa kurang nyaman yang enggak biasa di daerah ini biasanya menunjukkan masalah penting pada perut. Seperti berikut ini.

-Nyeri parah, yang disertai mual atau muntah mungkin merupakan tanda gastritis atau radang lambung.

-Rasa nyeri terbakar yang biasanya lebih intens ketika perutmu kosong mungkin disebabkan oleh bisul perut.

4Abdomen kanan dan kiri

Abdomen kanan dan kiri. (BRIGHTSIDE)

Ginjal terletak di bagian kanan dan kiri perut, di setiap sisi tulang belakang. Terkadang rasa sakit di area ini juga bisa disebabkan oleh masalah dengan usus besar. Berikut ini yang harus diperhatikan.

-Rasa sakit di area pinggir perut yang menjalar ke punggung dan disertai dengan demam, menggigil, diare, dan mual dapat menjadi tanda kamu menderita infeksi ginjal.

-Rasa sakit parah yang menjalar ke perut bagian bawah dan datang dalam gelombang tertentu menunjukkan gejala batu ginjal. Kamu mungkin juga mengalami mual, muntah, demam, kebutuhan buang air kecil yang terus-menerus, dan darah dalam urin.

-Rasa sakit dengan atau tanpa kembung muncul bersama dengan feses yang keras dan kering mungkin merupakan gejala konstipasi.

5Abdomen tengah

Abdomen tengah. (BRIGHTSIDE)

Perasaan enggak nyaman di bagian perut ini biasanya terkait erat dengan masalah di usus kecil maupun usus besar. Berikut ini yang harus kamu perhatikan.

-Nyeri perut dan kram yang disertai dengan diare parah, kelelahan, demam, dan penurunan berat badan menunjukkan penyakit radang usus.

-Jika kamu mengalami rasa sakit bersamaan dengan muntah, diare, dan ketidakmampuan untuk mengeluarkan gas atau tinja, itu mungkin merupakan tanda awal dari obstruksi usus kecil.

-Pembengkakan atau tonjolan yang menyakitkan di dekat pusar yang biasanya menyebabkan ketidaknyamanan perut disebut hernia umbilikalis.

6Abdomen kiri

Abdomen kiri. (BRIGHTSIDE)

Selain ginjal kiri, di area ini juga terdapat usus besar bagian bawah yang dapat terinfeksi atau meradang karena diet yang enggak sehat, penuaan, dan beberapa penyebab umum lainnya. Nyeri terus-menerus bersama dengan demam, mual, dan muntah adalah gejala paling umum dari divertikulitis atau peradangan pada usus besar bagian bawah.

7Abdomen kanan bawah

Abdomen kanan bawah. (BRIGHTSIDE)

Bagian perut ini termasuk apendiks, organ kecil yang menyimpan bakteri yang berguna untuk meningkatkan pencernaan dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Nah, kalau kamu merasakan nyeri tajam, kehilangan nafsu makan, mual, muntah, dan demam kemungkinan besar itu menunjukan gejala radang usus buntu yang paling umum atau radang usus buntu. Hal ini membutuhkan perawatan medis segera.

8Abdomen tengah bawah

Abdomen tengah bawah. (BRIGHTSIDE)

Kandung kemih dan organ reproduksimu berada di bagian perut ini. Kalau kamu merasakan kram perut, perasaan terbakar ketika buang air kecil, serta perubahan warna urin mungkin mengindikasikan infeksi kandung kemih.

Sementara, nyeri panggul tiba-tiba dan parah yang dapat berlangsung selama berbulan-bulan, juga bisa jadi merupakan gejala umum dari beberapa masalah dengan organ reproduksimu.

9Abdomen kiri bawah

Abdomen kiri bawah. (BRIGHTSIDE)

Sebagian besar usus besarmu terletak di sini, itu sebabnya jika memiliki masalah dengan organ ini, kemungkinan besar akan mengalami rasa sakit di perut kiri bawah. Nyeri perut yang disertai dengan kram, kembung, kelebihan gas, diare atau sembelit bisa menjadi gejala sindrom iritasi usus.

Nah, meski begitu jangan lupa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika kamu mengalami sakit perut jenis apa pun. Seenggaknya, kamu bisa punya sedikit gambaran saat mengalami nyeri perut suatu saat nanti.

 

BRIGHTSIDE| MAYOCLINIC| WEBMD

8

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments