EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

9 Januari 2019, 16:55 WIB

JAWA TIMUR, INDONESIA

Ketua DPRD Surabaya periode 2009-2014, Wisnu Wardhana akhirnya ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas I Surabaya-Porong. Wisnu berhasil ditangkap tim Kejaksaaan Negeri Surabaya setelah melalui pengejaran yang dramatis di Jalan Kenjeran, Surabaya. 

Pihak LP Kelas I Surabaya-Porong membenarkan jika Wisnu sudah mulai menghuni lapas. “Perlu kita sampaikan bahwa memang lapas kelas I hari ini tanggal 9 Januari 2019 sekitar pukul 09.00 tadi menerima titipan satu narapidana yang dieksekusi oleh Kejaksaan Tinggi Surabaya, putusan Mahkamah Agung (MA) yang pertama. Ir. H. Wisnu Wardhana, adapun putusan Mahkamah Agung itu 6 tahun,” kata Kepala Lapas Kelas I Surabaya, Suharman.

Setelah penahanan ini, Wisnu Wardhana untuk sementara akan ditempatkan di blok masa pengenalan lingkungan (Blok Mapenaling) selama 6 hari, setelah itu baru akan ditempatkan di Blok Tipikor.

Wisnu Wardhana (berjaket merah) dalam pengawalan petugas Kejaksaan Negeri Surabaya. (NET)

Wisnu Wardhana merupakan terpidana kasus korupsi aset BUMD PT. Panca Wira Usaha (PWU) Jawa Timur yang divonis 6 tahun penjara. Mahkamah Agung menguatkan vonis Wisnu di pengadilan sebelumnya dengan menjatuhkan pidana penjara selama 6 tahun dan denda sebesar 200 juta rupiah, subsider 6 bulan dengan uang pengembalian sebesar 1 milyar rupiah. 

Wisnu terjerat kasus korupsi pelepasan dua aset PT PWU pada 2013 silam. Saat itu ia masih menjabat sebagai Kepala Biro Aset dan Ketua Tim Penjualan Aset PT PWU. Kasus ini sebelumnya juga menyeret mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Usai keluarnya putusan MA itu, Wisnu sempat buron selama dua minggu. “Pasalnya adalah putusan Mahkamah Agung dimana yang bersangkutan harus melaksanakan pidana penjara selama 6 tahun,” papar Kepala Kejari Surabaya, Teguh Dharmawan.

Mobil yang dikendarai Wisnu Wardhana sempat menabrak sepeda motor petugas. (NET)

Pelarian Wisnu akhirnya berakhir, setelah  ia ditangkap tim intelejen dan pidsus Kejari Surabaya di kawasan Kenjeran, Surabaya. Saat mobilnya dihentikan petugas Kejari, Wisnu sempat mencoba kabur. Ia bahkan nekat menabrak sepeda motor petugas.

Sialnya, sepeda motor yang ditabrak dan dilindas justru mengganjal roda mobilnya. Wisnu pun akhirnya diringkus dan dibawa ke Kantor Kejari Surabaya, sebelum akhirnya diserahkan ke Lapas Kelas I Surabaya-Porong.

TIM LIPUTAN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments