hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

8 Januari 2019, 14:00 WIB

JEPANG

Sensasi pedas usai mengonsumsi wasabi membuat orang antara benci sekaligus mencarinya saat berada di restoran Jepang. Rasanya kurang afdol kalau enggak ada wasabi saat mengonsumsi sushi. Wasabi juga salah satu produk yang sangat identik dengan Jepang, enggak heran kalau wasabi  mewarnai aneka produk khas negeri sakura, seperti coklat dan keripik.

Mencegah keracunan makanan

Pernahkah kamu mencari tahu, mengapa sushi dikonsumsi dengan wasabi? Bukan hanya karena cita rasanya yang pedas,  wasabi ternyata berkhasiat memerangi spora jamur yang mungkin terbentuk di ikan mentah. Wasabi bisa mencegah keracunan makanan. Karena itu, direkomendasikan untuk menambahkan wasabi dalam kotak makan kamu, agar bebas dari kuman.

Pastikan ada wasabi dalam sushi kamu. (SORA NEWS 24)

Membuat awet muda

Wasabi melepasnya sebuah senyawa yang disebut sulfinil ketika diparut. Sulfinil adalah antioksidan yang kuat, dan berkhasiat mencegah penuaan dini. Antioksidan ini juga membantu melawan kanker.

Wasabi membantu mencegah kanker tertentu

Selain menjaga agar kamu selalu awet muda, wasabi juga mengurangi risiko kanker. Senyawa 6-MSITCC  dalam wasabi memiliki sifat anti inflamnasi dan membentuk pertahanan inang terhadap sel kanker.

Wasabi juga diproduksi dalam bentuk pil. (SORA NEWS 24)

Melancarkan sirkulasi darah

Seperti halnya melawan kanker, senyawa 6-MSITC juga menghambat agregasi trombosit, yaitu menggumpalnya trombosit menjadi gumpalan darah. Dengan kata lain, wasabi bisa mencegah pembekuan darag dan mengurangi risiko serangan jantung serta stroke. Sirkulasi darah yang lancar juga menjaga kesehatan kardiovaskular sehingga kulit tetap bersih.

Mencegah pilek dan alergi

Menelan satu gumpalan wasabi menjadi salah satu cara ampuh membersihkan sinur yang tersumbat lendir akibat pilek, flu atau alergi. Pelepasan gas allyl isothiocyanate membantu melawan bakteri sehingga mencegah patogen penyebab flu. Karena itu, kalau kamu flu cobain deh makan sushi!

SORA NEWS 24 | JAPAN TIMES

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments