hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

8 Januari 2019, 06:05 WIB

BANDUNG, INDONESIA

Kamu tahu semprotan bertekanan udara alias airbrush? Kalau biasanya teknik ini dipakai buat mewarnai benda-benda yang besar, sekarang airbrush juga diaplikasikan buat make up loh. Bahkan teknik ini diyakini bakal semakin nge-tren di tahun 2019.

Sebenarnya penggunaan airbrush bukan hal baru di dunia kecantikan. Salah satu make up artist yang membuatnya makin hits yaitu Kirana Fary dari Bandung, Jawa Barat. Menurut Kirana, banyak orang salah mengira teknik airbrush. Penggunaannya harus dilengkapi dengan make up dasar terlebih dulu, baru dilapisi dengan riasan berikutnya.

“Airbrush itu prinsipnya melapisi bagian akhir make up. Namanya melapisi, laminasi, apapun yang ada di bawahnya harus benar dulu. Sudah pas dengan produk airbrushnya baru hasilnya akan optimal,” jelas Kirana.

Nah, buat kamu yang penasaran cara mengaplikasikan airbrush, berikut step by step-nya.

Pertama, pakai dulu alas bedak atau skin care yang biasa kamu pakai sebagai make up dasar. Kedua, siapkan perlengkapan lain untuk menyemprotkan make up selanjutnya. Yaitu foundation, shimmer, blush on dan shading. Selain itu tentu saja kompresor dan air gun.

Semua produk make up airbrush ini cair. Biasanya hanya butuh 2-3 tetes saja untuk diaplikasikan ke wajah. Tapi sebelum itu, sebaiknya dites dulu tekanannya, misalnya dengan disemprotkan ke tisu.

Ketiga, kalau tekanannya sudah pas, bisa kamu aplikasikan ke wajah deh. Saat menyemprot, perhatikan tekanan dan jaraknya ya. Sebaiknya hanya sepertiga bagian tuas dengan jarak satu jengkal dari wajah. Perhatikan juga gerakan putar, yaitu searah jarum jam agar hasilnya merata.

Keempat, setelah mengaplikasikan foundation, shimmer, blush on dan shading, kamu tinggal merias bagian lain seperti area mata dan bibir. Kalau bagian ini, caranya seperti riasan biasa ya, bukan dengan airbrush.

Langkah terakhir, yaitu menyemprot wajah dengan cairan pelapis. Karena hasil riasan airbrush cenderung terlihat kering, cairan pelapis ini akan membuat wajah kamu lebih cantik alami.

Menurut Kirana, teknik rias airbrush ini memiliki beberapa keuntungan dibanding teknik lain. Partikel make up yang halus membuat lapisan wajah tertutupi secara merata. Pori-pori kulit yang besar atau jerawat dapat tersamar dengan riasan ini.

"Pengerjaannya juga mudah dan tidak tebal. Efeknya kalau tidak tebal itu, akan gampang saat mau retouch," tambah Kirana.

Di awal kehadirannya, make up airbrush banyak dipakai untuk riasan pernikahan atau acara-acara besar. Tapi kamu juga bisa kok mengaplikasikannya sendiri untuk make up sehari-hari. Syaratnya, kamu mesti melatih koordinasi tangan dan mata, agar hasil semprotan sesuai dengan riasan yang diinginkan.

DEASY JULIANI

 

 

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments